foto : google
- Advertisement

BANGGAJATIM.COM | Kediri – KEDIRI – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, masih menunggu keputusan dari pusat terkait dengan calon yang direkomendasikan oleh DPP untuk maju Pilkada Kabupaten Kediri 2020, termasuk anak Pramono Anung, yakni Hanindhito Himawan Pramana yang dikabarkan ikut mendaftar.

“Sekarang belum ada rekomendasi. Jadi, kami selaku kader partai di bawah menunggu hasil rekomendasi dari DPP saja,” kata Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Kediri Dodi Purwanto di Kediri, Sabtu malam (26/10/2019), seperti dilaporkan Antara.

Ia mengakui, ada rumor yang berembus bahwa anak Sekretaris Kabinet pada Kabinet Indonesia Maju 2019 – 2024 Pramono Anung, yakni Hanindhito Himawan Pramana ikut Pilkada Kabupaten Kediri yang akan digelar serentak pada 2020. Dari yang ia dengar, pendaftaran dilakukan di pusat.

Bahkan, dirinya juga mendengar bahwa sudah mulai ada beberapa atribut terkait dengan rumor bahwa Hanindhito Himawan Pramana ikut pilkada, yakni berupa kaos yang berisikan tulisan pencalonan.

“Terkait sosialisasi ada kaos itu wajar, namanya konstelasi politik ya wajar. Tapi, ketika rekomendasi dari partai, PDIP yang berangkatkan. Tunggu DPP dulu, jadi tidak berani mendahului,” ujar pria yang juga Ketua DPRD Kabupaten Kediri ini.

Ia menambahkan, saat ini masih proses seleksi untuk calon yang sebelumnya sudah daftar. Sebanyak 12 bakal calon kepala daerah baik Bupati maupun Wakil Bupati sempat dipanggil untuk ikut fit and proper test di Surabaya. DPD PDIP Jatim menyerahkan hasil fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan tersebut ke DPP PDIP.

Dia menuturkan, untuk di DPC Kabupaten Kediri memang hanya sebagai penjaringan dengan adanya batasan waktu pendaftaran. Namun, siapa pun berhak untuk mendaftarkan diri kendati di DPC sudah habis masa pendaftaran yakni dengan ikut daftar di DPD PDIP Jatim maupun langsung ke DPP PDIP.

Terkait dengan waktu turunnya rekomendasi, Dodi menyebut dari informasi yang diterimanya sekitar akhir Desember 2019 atau awal Januari 2020. PDIP Kabupaten Kediri menyerahkan sepenuhnya terkait dengan sosok yang akan diberi rekomendasi untuk maju lewat PDIP dalam Pilkada Kabupaten Kediri.

“Kami belum tahu, tapi dari informasi yang saat rapat koordinasi, antara akhir Desember 2019 atau awal Januari 2020. Itu sinyalnya,” kata dia.

Dodi juga menegaskan, kader partai di daerah juga siap mendukung siapa pun calon yang diberikan rekomendasi oleh DPP PDIP, termasuk jika nantinya benar diberikan pada putra Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramono tersebut.

“Mungkin beliau di Kediri hal yang baru, karena hidupnya di Jakarta. Tapi, orang tua, mbah dari Kediri. Kami juga menunggu, karena Pak Pram masih dalam suasana duka, (ayah) mertua meninggal. Jadi, kami menunggu. Kami petugas partai tunduk,” ujar dia.

Sejumlah nama ikut mendaftarkan diri di PDIP Kabupaten Kediri, termasuk Wakil Bupati Kediri Masykuri, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Kediri Mujahid, dan beberapa nama lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here