foto : istimewa

BANGGAJATIM.COM | Jember – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kabupaten Jember, Jawa Timur akan menggelar pagelaran busana batik muslim wanita, Sabtu (2/11/2019). Ini bagian dari acara Road to Fesyar (Festival Ekonomi Syariah).

“Ini salah satu wujud pembinaan batik di wilayah Jember, khususnya di klaster batik Ambulu,” kata Pemimpin Kantor BI Jember Hestu Wibowo, Senin (28/10/2019).

Hestu mengatakan, BI berkomitmen mengembangkan klaster batik di Jember. “Kami ingin menunjukkan bahwa batik ambulu merupakan salah satu poteni pengembangan batik Jember,” katanya.

Pengembangan klaster batik oleh BI Jember ini mulai dari awal teknis produksi hingga penguatan kelembagaan dan pemasaran. “Kami sengaja mengangkat 21 busana muslim wanita ready-to-wear yang merupakan hasil karya tujuh orang pembatik dari Asosiasi Pembatik Ambulu (Aspa),” kata Hestu.

Produksi memakan waktu selama dua bulan. Seorang pembatik ditargetkan untuk menghasilkan 3 set busana muslim wanita ready-to-wear. Motif batik Ambulu ini mengangkat tema “Svarga” dengan ciri khas daerah Jember, yaitu motif tembakau, kopi, dan kakao.

“Namun demikian, motif yang ditampilkan pada pagelaran busana ini sedikit berbeda dengan motif batik Jember pada umumnya, karena motif yang digunakan merupakan hasil desain motif ciri khas Jember dengan sentuhan seni modern kontemporer,” tambah Hestu.

“Penyelenggaraan acara ini sejalan dengan komitmen Bank Indonesia untuk mengembangkan aspek yang menjadi kekuatan ekonomi syariah di Indonesia, yang meliputi 5F: Finance (keuangan), Food (kuliner), Fashion, Funtrepreneur (wirausaha), dan Fundtainment (hiburan),” kata Hestu. (*)

sumber : beritajatim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here