Tampak Depan Cafe Fresh Milk pada saat ramai pengunjung.
- Advertisement

SIDOARJO – Gaya hidup masyarakat perkotaan, yang menyukai santai diluar rumah dalam bahasa ngetrennya yaitu nongkrong sambil makan dan minum di cafe. Memang saat ini cafe menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi. Mulai remaja, anak muda hingga dewasa. Baik berstatus pelajar, mahasiswa hingga orang kantoran. Seperti halnya di Surabaya dan Sidoarjo, cafe banyak tumbuh di beberapa tempat. Setiap sore hingga malam ramai pengunjung yang menghabiskan waktu disana.

Lalu, bagaimana memulai bisnis café? Tentunya membutuhkan riset dan survey terlebih dahulu agar usaha yang dibuka dapat berjalan sesuai target. Riset pasar sangat dibutuhkan sebagai penentu siapakah target pasarnya. Pelajar, mahasiswa, para pekerja atau pengusaha? Kemudian menentukan menu apa saja yang akan dipasarkan kepada konsumen.

Salah satu pebisnis kuliner di Sidoarjo, Dessy Ahadian, ST atau yang akrab disapa neng dessy, pemilik café freshmilk di perumahan puri indah blok ED-44 mengungkapkan bahwa ia mengawali bisnis cafenya pada tahun 2014 dengan memakai nama Fresh STMJ.

FRESH STMJ saat itu hanya menjual produk 5 macam menu, berbahan dasar susu: Susu Murni, STMJ standart, STMJ istimewa, Susu Madu dan Wedang Jahe. Buka lapak fresh STMJ dengan memanfaatkan halaman didepan rumahnya dan menggunakan peralatan seadanya. Dilengkapi dengan sebuah meja seukuran satu meteran bahkan menggunakan kompor yang biasa ia gunakan untuk memasak sehari-hari. Begitu pula, alas duduk untuk tempat nongkrong lesehan menggunakan banner bekas.

Seiring dengan respon konsumen yang begitu menarik. Usaha fresh STMJ semakin berkembang. Ia kemudian memperluas usahanya dengan menjadikan rumah tempat tinggalnya untuk perluasan cafe. Rumah tempat tinggalnya didesain sedemikian rupa, mulai pemilihan warna cat tembok, interiornya dibikin semenarik mungkin dengan harapan konsumen merasa betah dan nyaman seperti dirumahnya sendiri.

Sejak berganti nama menjadi cafe, Neng Dessy merubah namanya menjadi “Cafe Fresh Milk” dengan desain warna didominasi warna biru. Menu yang ditampilkannya telah mencapai 100 varian agar pelanggan tidak bosan dengan rasa yang itu-itu saja dan tentunya untuk menarik konsumen berkunjung ke cafenya. STMJ sebagai menu tradisional diangkat menjadi menu favorit.

Cikal Bakal Fresh Milk, doc : foto Desember 2014

Nama Fresh Milk sendiri diambil bukan tanpa alasan, nama ini muncul karena pemilik ingin menekankan bahwa cafe minuman dengan bahan dasar susu murni.

Logo Fresh Milk menggambarkan identitas dari usaha kafe ini, dimana logo bulat Fresh Milk ada tulisan Fresh berarti segar, serta tulisan Milk yang nempel di botol susu, botol susu didesain miring horisontal, menggambarkan bahwa, selalu mengalirkan susu murni yang dijual.

Selain makanan ringan, seperti tahu crispy, kebab, roti bakar, cafe Fresh Milk juga menyediakan berbagai macam makanan berat: nasi goreng spesial, nasi goreng jawa, nasi goreng sosis, selain itu ada beberapa varian menu mie: mie goreng spesial, mie gaul, spesial ramen, hingga spaghetti.

Tidak hanya rasa dan pelayanannya, berbagai macam makanan dan minuman disini sangat digemari konsumen karena harganya bersahabat. Harga Makanan dan Minuman di cafe ini dijual mulai Rp. 8.000,00 sampai Rp. 30.000,00. Dengan visinya untuk menjadi cafe susu murni nomer satu di Sidoarjo, cafe Fresh Milk berusaha memuaskan pelanggan dengan menyuguhkan cita rasa yang menggugah selera dan dibuat dengan sepenuh hati. Buka mulai pukul 9:00 sampai pukul 23:00 WIB, cafe Fresh Milk selalu ramai pembeli. Setiap harinya, cafe Fresh Milk menjual 250 item menu makanan dan minuman.

Sampai saat ini cafe Fresh Milk sudah mendapatkan penghargaan bergengsi 1st The best Café untuk Sidoarjo dan Gresik selama empat tahun berturut-turut dari Jawa Pos Culinary Award, mulai tahun 2016, 2017, 2018, 2019, semua itu tidak terlepas dari kerja keras dari Neng Dessy beserta timnya, yang selalu berusaha mempertahankan kualitas pelayanan dan menu yang disajikan.

Foto neng dessy dengan penghargaan Cafe Fresh Milk di Jawa Pos Culinary Award tahun 2019

Berdasarkan informasi dari pemilik, cafe Fresh Milk juga menjadi pilihan bagi konsumen luar kota yang sedang berkunjung ke Sidoarjo, seperti konsumen Surabaya, Gresik bahkan Malang. Pasalnya menu cafe ini cocok dilidah mereka. Kamu tertarik mencicipinya? Yuk segera mampir ke cafe Fresh Milk Sidoarjo.

@Lia Andini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here