The Power of Mind – Kekuatan Berpikir  

The Power of Mind – Kekuatan Berpikir

 

Semua  prestasi, semua kekayaan yang diupayakan, semua impian yang diperjuangkan, berawal dari  sebuah pikiran!  Jika anda siap untuk rahasia tersebut, artinya  anda sudah menguasai separuh dari  rahasia; karenanya  anda akan  segera  mengenali separuh yang lain pada saat bagian tersebut sampai  ke otak Anda. ( Napoleon Hill ).

Sobat. Sejatinya “ pikiran adalah sesuatu”  dan sesuatu yang kuat  ketika dicampur  dengan ketetapan tujuan, keuletan  dan  hasrat  membara untuk menerjemahkan pikiran-pikiran tersebut  menjadi harta atau objek material lainnya serta impiannya tercapai.

Allah Maha kaya, sekaligus juga Maha Memberi  Kekayaan kepada para makhluk-Nya. Salah satu pemberian Allah yang luar biasa kepada manusia adalah akal dan pikiran. Tidak terhingganya kekayaan Allah, berbanding lurus dengan tidak terbatasnya kekayaan  yang dilimpahkan-Nya kepada  manusia.

Edwin C. Barnes  seorang anak muda yang bermitra dengan Thomas A. Edison  membuktikan kebenaran universal  bahwa  berpikir dan menjadi kaya. Barnes  secara harfiah  membayangkan dirinya  bermitra  dengan Edison yang hebat ! Ia  membayangkan kekayaan. Ia  tidak memiliki apa pun untuk memulainya, kecuali  kemampuan untuk  mengetahui  apa yang ia inginkan, dan ketetapan hati  untuk  memperjuangkan hasrat  tersebut  sampai  berhasil mewujudkannya.

Ia  tidak punya uang  untuk memulai. Ia tidak cukup berpendidikan. Ia tidak punya pengaruh. Akan tetapi, ia punya inisiatif, keyakinan, dan kemauan untuk menang. Dengan kekuatan yang tak berwujud ini , ia menjadikan dirinya orang nomer satu  bersama penemu paling hebat  sepanjang sejarah.

Pada saat Edison  menyempurnakan sebuah peralatan kantor baru dan mesin itu dikenal dengan Mesin Pendikte Edison ( Ediphone ). Para wiraniaga  tidak begitu antusias terhadap mesin ini. Kesempatan ini  malah diambil oleh Barnes  yang bagi wiraniaga lain tidak menarik kecuali oleh Barnes dan penemunya. Ia menawarkan diri kepada Edison  yang memang sudah lama dia telah membayangkan dirinya menjadi Mitra Usaha Edison. Akhirnya dia berhasil menjual Ediphone dan menandatangani kontrak untuk mendistribusikan dan memasarkan alat tersebut ke seluruh penjuru negeri. Saking suksesnya sampai ada slogan “ Dibuat oleh Edison dan dipasang oleh Barnes.”  Berkat aliansi usaha ini, Barnes menjadi kaya dan memperoleh banyak uang dan impiannya tercapai, namun ia juga membuktikan ada sesuatu yang jauh lebih hebat dan itu adalah karunia Allah kepada manusia bahwa dia telah membuktikan kekuatan berpikir dan menjadi kaya.

Sobat. Hasrat Barnes bukanlah  sebuah harapan. Bahkan juga bukan pengandaian. Namun Hasrat  yang menyala, menggebu, bergemuruh, yang mewujud ke dalam setiap hal lainnya. Hasrat ini pasti. Barnes  berhasil karena ia  memiliki tujuan yang mantap, menggunakan semua energy, dan kemauan kerasnya, serta semua usaha, segalanya untuk mencapai tujuan tersebut. Ia  tidak menjadi mitra Edison ketika pertama kali muncul. Ia  puas mulai dengan pekerjaan remeh-remeh, asalkan pekerjaan tersebut  memberinya sebuah kesempatan  untuk  maju selangkah  menuju cita-cita  yang didambanya.

Sobat. Setiap  orang  yang  menang  dalam upaya  apa pun  harus  rela membakar  kapalnya  dan memutus  semua jalur  mundur. Hanya dengan berbuat  begitu orang bisa mempertahankan  kondisi pikiran  yang dikenal  sebagai hasrat membara  untuk menang, yang sangat penting bagi kesuksesan.  Ada  sebuah kualitas  yang harus  dimiliki  setiap  orang untuk menang, dan itu  adalah kepastian  tujuan, pengetahuan akan apa yang seorang inginkan, dan hasrat  membara untuk memilikinya.

Sobat. Allah Al-Mughniy – Allah Maha Kaya  sebagai landasan sikap dan mental kita  agar  terus mengoptimalkan potensi  diri  agar bisa  memberikan manfaat kepada  orang lain. Baik potensi tenaga, potensi ilmu, maupun potensi keahlian  yang dimiliki. Bersikap  empati dan menyediakan waktu  untuk  mendengar keluh kesah orang lain dan berupaya memberikan  solusi  yang  terbaik.

Memberikan  kesempatan  sekaligus  mendorong  diri sendiri  dan orang lain agar bisa memperbaiki diri dan belajar sehingga lebih maju. Tidak melupakan pentingnya  berzakat, berinfaq, senang bersedekah, serta ikhlas  memberikan sebagian rezeki yang dimiliki untuk syiar  dan kemajuan Islam.

Sobat. Kesuksesan tak memerlukan  permintaan maaf, kegagalan tak mengizinkan alasan, dan setiap kesulitan  membawa  benih-benih keberhasilan  yang sebanding.  Bayangkan diri Anda  sukses. Selalu gambarkan diri Anda berhasil. Bayangkan orang yang ingin anda contoh. Sisihkan waktu untuk menyendiri dan tak terganggu. Bersikap nyaman dan rileks. Bercermin pada kesuksesan anda masa lalu. Rayakan setiap keberhasilan baik besar ataupun kecil. Anda dapat mengingatnya ketika anda mulai kehilangan keyakinan diri. Tetapkan tujuan yang pasti. Tanggapi kehidupan  secara positif. Kembangkan citra diri yang positif. Citra Anda, reaksi anda  yang positif  terhadap kehidupan, dan keputusan-keputusan Anda sepenuhnya ada dalam kendali anda.

Salam Dahyat dan Luar Biasa !

( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si  Pengasuh 90 Hari Menulis Buku. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here