Ilustrasi Lobster Air Tawar

Bangga Indonesia, Surabaya – Asyiknya  dan Seni Budidaya Lobster Air Tawar

Sobat. Di tengah pandemic covid 19 ini  kita butuh kreativitas  untuk menambah penghasilan. Salah  satu  bidang usaha yang bisa kita jadikan sebagai penambah penghasilan dan sarana hiburan bagi kita  adalah  budidaya lobster air tawar.

Modalnya kecil hanya  3,5 juta mendapatkan 1 set full kolam lobster dengan 5 pasang indukan lobster untuk bergabung sebagai mitra tama lobster dan kami  siap setiap 2 hari sekali  menerima konsultasi. Resiko kecil dengan memberikan garansi  kematian  selama bergabung  menjadi mitra, selama proses  budidaya hingga lobster  bertelur.

Bagaimana  dengan pasarnya sobat? Permintaan pasar  untuk konsumsi  sangat tinggi. Satu tengkulak  bisa  meminta stok  hingga  500 kg per bulan dan masih sangat minim  competitor.  Hasil  panen kalian akan kami  tamping dengan harga yang tinggi.

Lobster air tawar merupakan  1 jenis crustacean  yang  memiliki  resiko  terkena penyakit  paling kecil  jika  dibandingkan  dengan  udang vaname  dan udang  windu. Satu indukan betina  memiliki kapasitas  bertelur hingga 200 ekor.

Sebelum  5 pasang indukan di tempatkan di kolam pemijahan maka kita harus menyiapkan kolam terpal  untuk diisi Air  dengan ph 7 dan tds di bawah 250 suhu berkisar 27 – 29. Anda  tidak usah kuatir dengan modal 3,5 Juta anda dapat lengkap kolam terpal ukuran 2 x 1 m beserta perlengkapan pengukur ph meter, pengukur tds, pupuk kolam, garam ikan, ekstrak daun ketapang 2 botol, Jaring kecil untuk menangkap lobster , aerator, pompa, selang besar, selang kecil, kursi kecil dan Timba untuk filter air, dan 5 Pasang indukan dikirim setelah kolam sudah dilakukan adaptasi selama seminggu.

Asyiknya  sobat, saat kita mengatur pH dan tds air kolam . Ada pengalaman menarik saat pertama saya budidaya lobster air tawar. Kami menggunakan air sumur setelah  saya  ukur pH nya 6,85  Tds  265.  Karena pH nya  belum nyampek 7  saya tambahkan  garam ikan di kolam  ternyata keesokan  harinya  tds  tinggi menjadi 445 padahal  normalnya untuk kolam lobster di bawah 250. Maka pelajaran  yang kami terima  bahwa air sumur itu tidak stabil dan banyak mengandung biji besi dan mineral lainnya . Saya ukur pH nya 8,7.

Apa yang harus  kami lakukan? Maka kami kuras kolam 50%  kemudian  saya masukkan  air gallon isi ulang dengan tds 78 sd 90 sejumlah 8 galon. Alhamdulillah akhirnya  turun tds nya dari 445 menjadi 244. Saya ukur pH nya masih 8,4  kemudian saya tambahkan ekstrak daun ketapang 2 botol ternyata pH nya masih 8,2    kemudian  saya tambahkan penurun pH yakni Asam posfat 5 sd 6 tutup botolnya. Alhamdulillah akhirnya  kami mendapatkan pH 7,1 dan tds 234  sehingga  persis seminggu kolam siap dimasukkan 5 pasang indukan di kolam pemijahan.

Seninya  sobat. Butuh kesabaran  dan perasaan kita menyatu dengan lobster siklus budidaya lobster : Adaptasi 1 minggu , pemijahan ( kawin ) 1 bulan, setelah bertelur di karantina indukan betina selama 40 hari  tidak diberi makan. Setelah itu dipisahkan indukan dengan anakan. Indukan nifas butuh 4 hari pemulihan sobat. Pembesaran  bibit 3 sd 4 bulan  harga 1-2 inch = Rp. 1.000,- per ekor. Kalau 2-3 inch = Rp. 2.000,- per ekor.  Pembesaran konsumsi 6 sd 9 Bulan  harga per Kg Rp. 80.000,-  sd Rp.200.000,- per Kg.

Asyiknya  Sobat. Selain sebagai hiburan mengisi waktu luang di tengah pandemic dapat penghasilan pula. Kalau kita focus  penjualan bibit lobster omset/ nilai penjualan per siklus ukuran 2 inch Rp. 2.000,- per ekor keuntungan bersih Rp. 90.000,-.  Fokus  Penjualan  lobster  konsumsi omset/ nilai penjualan per – siklus Rp. 90.000/ Kg  keuntungan bersih  Rp. 4.320.000,-

Asyik Bukan!  Anda  ingin  budidaya lobster air tawar, bergabunglah dengan kemitraan kami hanya dengan modal awal 3,5 Juta. Photo Copy KTP dan transfer ke rek Mandiri 141.000.2043180 an. Nasrul Syarif.  Segera hubungi kami di   wa.me/6281330447814

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here