Silaturahim Bersama Cak Amu Ke Rumah KH Dr Imam Bukhari

Bagaimana  Tips  Memperbanyak Teman  atau Membangun Networking ?

Sobat. Orang yang paling merugi adalah  orang yang tidak punya teman dan suka  memutus silaturahim.  Dalam dunia  bisnis kita mau tidak mau  harus memperbanyak  teman, memeperluas jaringan, dan  selalu rajin  bersilaturahim, baik dengan kolega bisnis maupun dengan klien  dan konsumen. Dengan cara itu, biasanya  bisnis kita akan berjalan sesuai  harapan, bahkan bisa berkembang lebih pesat.

Sobat. Berikut ini beberapa tips memperbanyak teman atau membangun networking :

  1. Selalu tertarik  setiap kali  bertemu  orang baru. Tunjukkan  bahwa kita selalu  tertarik setiap kali  bertemu dengan orang baru. Perlihatkan wajah sumringah, tersenyum, dan menyapa  orang-orang baru. Dengan sikap tersebut, biasanya orangg baru akan merasakan nyaman dan senang  berkenalan dengan kita.
  2. Selalu ingat nama orang baru. Mengingat nama  orang akan  menjadi kelebihan  kita  karena orang lain akan sangat senang  jika namanya selalu diingat.
  3. Lakukan kontak lanjutan setelah bertemu.Biasanya setelah  mendapatkan kartu nama baru, kita lalu menyimpannya. Sebaiknya  sebelum menyimpan  di buku kartu nama, lakukan dulu kontak lanjutan. Misalnya , jika hari ini dapat kartu nama baru maka malamnya kirimkan wa atau sms  terima kasih  kepada  orang  Terima kasih sudah sudi  bertukar kartu nama, terima kasih  sudah mau menjadi  teman baru. Cara ini selain akan mengingatkan kita  terhadap nama orang itu, juga  akan membuat orang baru  tersebut  merasa  dihargai.
  4. Jangan beda-bedakan orang baru. Kalau  memang mau mendapatkan  sebanyak mungkin teman baru maka jangan pernah membeda-bedakan mereka.
  5. Berikan salam  lebih dulu. Jangan sombong, tidak perlu gengsi, tidak akan membuat pamor kita menurun  atau  berkurang, jika  selalu  menyapa  orang lain lebih dulu. Justru  sebaliknya  kita akan mendapatkan keuntungan  Ya, dengan selalu menyapa orang lain lebih dulu maka orang lain akan merasa segan ( respect)  kepada kita. Apalagi jika  sapaan itu dipenuhi  dengan senyum, sumringah, dan rasa yang tulus.
  6. Belajar bahasa baru. Tidak rugi jika kita menguasai beberapa  bahasa  Jaringan pertemanan kita akan semakin luas sekali, berasal dari begitu banyak suku, bangsa, dan dari belahan benua berbeda. Tanpa rasa canggung  sama sekali, mereka cas cis cus berkomunikasi dalam setiap komunitas yang berbeda. Sebuah keuntungan  yang tidak ternilai harganya.
  7. Suka menolong orang lain. Siapa pun orangnya pasti akan  senang jika mempunyai  teman yang suka menolong. Ingat, menolongnya  dengan  tanpa  Kalau dasar itu  melekat dalam karakter  suka menolong maka selamat Anda akan menikmati kejaiban  yang biasanya akan menyertai.
  8. Jadi sukarelawan. Orang yang  biasa  memberikan pertolongan  kepada sekelompok  orang  yang  sedang  mengalami musibah  atau bantuan. Bisa juga orang-orang yang tanpa meminta imbalan melakukan kegiatan social untuk  kepentingan orang lain. Orang-orang semcam ini  biasanya bisa dengan  mudah  mendapatkan teman baru. Ingat hukum alam, orang baik akan ketemu orang baik, begitu juga sebaliknya.
  9. Ikut seminar  dan  Ketika kita mengikuti seminar atau workshop selain kita menambah pengetahuan atau skills  kita juga bisa menambah  teman  atau jaringan. Biasanya kegiatan –kegiatan tersebut melibatkan banyak orang bisa belasan, puluhan bahkan mungkin ratusan dan semuanya  adalah teman potensial  yang siap menambah pundi-pundi jaringan kita.
  10. Kenali  temannya teman. Inilah salah satu  cara yang paling efektif  dalam mendapatkan  teman  Apalagi jika temannya teman pasti akan lebih mudah  percaya karena  kita sudah kenal  dengan temannya  sebelumnya. Sistem referensi  atau friend  get friend  seperti ini biasanya  yang paling didambakan  sebuah  perusahaan dalam mengembangkan  strategi marketingnya. Nah kita bisa melakukan untuk diri kita sendiri. Segera lakukan dan terus lakukan!

Sobat.  Ingatlah  lirik lagu Rhoma Irama “ Mencari Teman Memang Mudah. Apabila untuk Teman Suka. Mencari Teman Tidak Mudah apabila untuk Teman Duka.”  Agar kita bisa mengantisipasi  perselisihan dengan teman : Perlakukan  orang lain seperti kita suka diperlakukan demikian, selalu  menunjukkan muka manis, selalu berkata  baik atau diam, ketika pertama kali  berteman maka yang harus  kita pikirkan adalah apa yang bisa kita berikan kepada mereka. Fokuslah pada hal tersebut sehingga dalam setiap kesempatan kita selalu berupaya  menyebar kebaikan.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

( Spiritual Motivator – Dr. Nasrul Syarif M.Si. Penulis Buku Santripreneur dan Buku Gizi Spiritual. Dosen Pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo. Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here