- Advertisement
Sobat. Tahukah kamu, gagal dan sukses adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Ketika Anda mau sukses maka mau tak mau kamu harus siap gagal. Ketika anda gagal, berarti Anda mendekati Sukses.
Sobat. Orang sukses  bukanlah  orang yang tidak pernah gagal, melainkan orang yang siap akan datangnya  kegagalan, orang yang tidak menyerah menghadapi kegagalan, orang yang bangkit kembali setelah kegagalan, orang yang tidak berhenti melewati berbagai kegagalan.
Sobat. Bukankah ketika kita masih anak-anak, kita belajar jalan, kita terjatuh, lalu bangkit lagi, sampai akhirnya bisa berjalan. Ketika kita belajar naik sepeda pancal awalnya dipegangi oleh ayah, kemudian dilepas jatuhlah diri ini, bangun dan belajar lagi, belajar lagi, akhirnya kita bisa mengendarai sepeda pancal.
Sobat. Saya masih ingat ketika pertama kali belajar nyopir pun, mobil xeniaku menabrak pagar tetangga. “ Alhamdulillah, Pak Faqih pagar rumah saya njenengan tabrak, sehingga pagar saya jadi lebih bagus karena njenengan perbaiki.”  Maka terus belajar dan belajar akhirnya  bisa nyopir juga. Tugas manusia  bukanlah tidak boleh gagal sobat, tetapi harus  belajar atau menyikapi  dengan benar  suatu kegagalan.
Sobat. Kini kegagalan justru  dianggap  bagian yang penting  dalam  meraih kesusesan seseorang, tentu saja sepanjang tetap  dilakukan perbaikan dan evaluasi. Berani berimpian, berani memulai, berani belajar, berani berproses, berani mengevaluasi diri, berani gagal dan pasti berani sukses.
Sobat. Pernakah Anda tahu Sylvester Stallone  adalah aktor, sutradara dan penulis naskah yang sangat sukses menembus box office di era 1970-an sampai 1990-an. Ternyata pernah gagal semasa kecil pernah dikeluarkan dari 13 sekolah dalam rentang waktu 11 tahun, Naskah film Rocky yang dibuat ditolak  oleh nyaris semua perusahaan. Profesornya di Universitas Miami mengolok-olok dirinya tidak berbakat acting. Tapi dia terus belajar, move-On dan pantang menyerah akhirnya kesuksesan menghampirinya.
Sobat.  Nelson Mandela  adalah tokoh negarawan yang sangat dihormati baik oleh para politisi, selebriti maupun masyarakat dunia. Ia dikenal dunia sebagai pejuang kemerdekaan melalui kegiatan anti apartheidnya. Peraih Nobel perdamaian dunia dan dipercaya untuk menjadi presiden Afrika selatan ketika berusia 76 tahun. Ternyata dia adalah salah seoarang  tahanan  politik  terlama di dunia  yang dipenjara selama lebih dari 25 tahun. Siksaan dan percobaan pembunuhan beberapa kali dialaminya.
Sobat. Pernakah anda tahu, Henry Ford  pendiri The Ford Company yang mempelopori industri mobil secara massal, pernah gagal  dan jatuh bangkrut  sebanyak lima kali sebelum akhirnya ia  meraih kesuksesan.
Sobat. Soichiro Honda pendiri perusahaan mobil terbesar di Jepang, ternyata pernah gagal saat merintis bisnisnya, pernah melamar di Yamaha namun ditolak, membuka bengkel sendiri namun bengkelnya meledak. Ia sempat jatuh sakit, kehabisan uang, pabrik hancur terkena bom PD ke-2, namun ia terus berani berimpian dan mencoba dan mencoba lagi pantang menyerah. Impian itu akhirnya  terjelma dengan bekal  ketekunan  dan kerja keras.  “ Apa  yang orang lihat dari kesuksesan saya Cuma 1 %. Tapi 99%  yang tidak terlihat adalah kegagalan saya.”  Ungkap Soichiro Honda.
Sobat.  KFC  sampai saat ini masih menjadi  salah satu  resep ayam goreng terlaris di dunia, lebih dari satu milyar ayam goreng hasil resep Kolonel Sanders dinikmati setiap tahunnya,  didirikan oleh Kolonel Sanders  yang mengalami penolakan 1009 kali sepanjang perjalanannya pada tahun 1952 selama 2 tahun. Kalau Kolonel Sanders menyerah maka kita tidak akan mengenal KFC  yang memiliki 7.500 outlet di berbagai negara di dunia.
Sobat. Bapak kegagalan Thomas Alfa Edison dalam setiap penemuan ia harus mengalami ratusan bahkan ribuan kali  kegagalan. Edison telah mencoba hampir 50.000 kali percobaan untuk menciptakan aki. Kalau dia menyerah maka dia tidak akan menjadi penemu individual yang paling produktif dalam sejarah. Ia telah mematenkan 2.332 penemuan dan tercatat dalam Guiness Book of the record.
Sobat. Orang-orang yang sukses ternyata adalah orang-orang yang bisa  mengambil sebanyak mungkin sisi positif dari  sebuah kegagalan. Dan mereka mampu  melihat hambatan  sebagai  tantangan  yang bisa memperkuat  jati dirinya. Jadi  apa yang terlihat baik belum tentu  seindah kelihatannya, yang buruk belum tentu sejelek kelihatannya yang penting, kita harus selalu  bersiap diri dengan segala kemungkinan dan bersikap positif terhadap segala keadaan.
Salam Dahsyat dan Luar Biasa !
( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si.  Penulis buku Gizi Spiritual, Pengasuh Kelas Menulis Online 90 Hari Menulis Buku. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )

#90HariMenulisBuku
#InspirasiIndonesiaMenulis
#StayAtHome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here