Beranilah ! Mengatakan Tidak !

Beranilah! Mengatakan Tidak!
Sobat. Untuk sukses dalam mencapai tujuan anda dan menciptakan gaya hidup yang Anda dambakan, Anda harus jadi pandai mengatakan tidak kepada orang dan gangguan yang hanya akan melumat Anda. Orang Sukses tahu cara berkata tidak tanpa merasa bersalah.

Sobat. Dunia kita adalah tempat yang penuh dengan persaingan dan rangsangan yang berlebihan, dan semakin lama semakin banyak pemusatan perhatian yang diperlukan setiap hari untuk tetap terfokus pada menyelesaikan tugas harian Anda dan mengejar tujuan jangka panjang Anda.

Sobat. Jika anda ingin meningkatkan hasil serta pemasukan Anda sekaligus jumlah Hari Bebas dalam kehidupan Anda, Anda harus menghapus berbagai tugas, permintaan, dan penunda waktu lain yang tidak memberikan imbalan besar. Anda harus mengatur pekerjaan Anda supaya bisa memusatkan waktu, usaha, energy, dan sumber daya hanya pada proyek-proyek, peluang-peluang, dan orang-orang yang memberi Anda imbalan besar untuk usaha Anda. Anda harus menciptakan batasan yang kuat tentang apa yang akan dan tidak Anda lakukan.

Sobat. Kebanyakan dari kita sibuk tapi tidak disiplin. Kita aktif tapi tidak terfokus. Kita bergerak, tapi tidak selalu ke arah yang tepat. Dengan menciptakan daftar berhenti-melakukan sekaligus daftar akan-dilakukan, Anda membawa lebih banyak disiplin dan focus ke dalam kehidupan Anda.

Sobat. Tolak yang baik agar bisa menerima yang hebat. Konsep ini Nampak sederhana, namun ternyata para wirausahawan, professional, pendidik, dan pemimpin sipil top di dunia ini terjebak dalam proyek , situasi, atau peluang yang hanya tergolong baik saja, sementara yang hebat terabaikan, menunggu mereka memberi tempat untuk itu dalam hidup mereka. Bahkan, hanya berkonsentrasi pada yang baik seringkali menghambat munculnya yang hebat, hanya karena tidak ada waktu tersisa dalam agenda kita untuk memanfaatkan peluang tambahan.

Sobat. Ada Prinsip Pareto : Ketika 20% setara dengan 80%. Kalau Anda survey hidup Anda dan mencatat aktivitas yang paling membawa kesuksesan, keuntungan finansial, kemajuan terpesat, dan kesenangan terbesar Anda, maka Anda akan menemukan bahwa sekitar 20 % dari aktivitas Anda menghasilkan sekitar 80% kesuksesan. Para peneliti lebih lanjut juga menemukan bahwa 80% dari pendapatan perusahaan biasanya datang dari 20% pelanggannya.

Sobat. Jangan lagi memusatkan pada yang kecil. Ketimbang memndedikasikan diri dan waktu anda pada aktivitas biasa-biasa saja yang tidak produktif dan menghabiskan waktu, bayangkan bagaimana cepat Anda bisa meraih target Anda dan memperbaiki hidup Anda seandainya Anda menolak aktivitas-aktivitas yang membuang waktu dan justru memfokuskan pada 20% aktivitas yang akan memberikan keuntungan paling besar bagi Anda.

Sobat. Berikut ini bagaimana menentukan mana yang benar-benar hebat sehingga bisa menolak yang sekedar baik saja?

1. Mulai dengan mendata peluang Anda – Satu sisi halaman untuk yang baik dan sisi lain yang hebat. Hal itu akan membantu Anda memutuskan apakah suatu peluang benar-benar sesuai dengan tujuan dan semangat hidup Anda secara keseluruhan ataukah itu hanya akan membawa Anda lebih merosot.
2. Berbicara dengan mentor atau penasehat mengenai hal potensial baru yang akan dikejar. Orang yang sudah pernah menapaki jalan sebelum Anda memiliki pengalaman luas untuk dapat diceritakan dan pertanyaan realistis untuk menanyakan tentang peluang baru yang mungkin sedang Anda pertimbangkan. Mereka bisa berbicara dengan Anda tentang tantangan yang mungkin ada dan membantu mengevaluasi factor biaya yaitu berapa banyak waktu, uang, usaha, stress, dan komitmen yang diperlukan.
3. Uji coba. Lebih baik lakukan uji coba kecil-kecilan, dengan mengeluarkan sedikit waktu dan uang.
4. Dan terakhir, lihat di mana Anda menghabiskan waktu. Perhatikan apakah aktivitas-aktivitas tersebut benar-benar merupakan tujuan Anda atau apakah seandainya menolak itu akan mengosongkan jadwal Anda untuk melakukan hal-hal lain yang lebih terfokus.

Sobat. Bagaimana seandainya ketimbang menonton TV, menjelajahi internet tanpa tujuan, mengerjakan hal-hal yang tidak penting, dan mengatasi masalah yang harusnya sejak awal dapat dihindarkan, Anda menggunakan waktu ekstra untuk memfokuskan diri pada keluarga, rumah tangga, usaha, target terobosan, memulai sumber pendapatan baru Anda, atau aktivitas-aktivitas produktif lainnya?

Salam Dahsyat dan Luar Biasa!
( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si Penulis Buku Buatlah Tanda di Alam Semesta. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur. Pengasuh 90 Hari Menulis Buku )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here