BNNP Jatim, Komnas Pendidikan Jatim dan UNESA : Webinar Pendidikan Milenial Anti Narkoba.

Sobat. Webinar Pendidikan Milenial Anti Narkoba , Rabu 25 Agustus 2021 Kerja bareng BNNP Jatim dan Unesa, Komnas Pendidikan Jawa Timur menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten. Bersamaan acara webinar dilakukan MOU  BNNP Jatim  dengan Komnas Pendidikan Jawa Timur yang di tanda tangani oleh Brig. Jend Polisi M. Aris Purnomo MM Ketua BNNP Jatim  dan Kunjung Wahyudi M.Si Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur.

Kepala BNN Provinsi Jatim Brig. Jend Polisi Muhammad Aris Purnomo MM beliau mengatakan bahwa  Pentingnya sadar hukum. Sadar bahaya narkoba. Sadar Hidup Sehat.Dan kita harus berkolaborasi dalam memberantas Narkoba dan melakukan P4GN dalam lintas departemen lintas sektoral di Jawa Timur. Mari mewujudkan Generasi yang bersih narkoba , Generasi yang cerdas dan tangguh.

Rektor Prof. Nur Hasan M.Kes. beliau mengatakan, “Mewujudkan Indonesia Tangguh dan bertumbuh dgn  berkolaborasi dgn seluruh elemen bangsa termasuk dalam mewujudkan generasi yang bersih narkoba. Unesa senantiasa mendukung hal itu semua dari PAUD , SD, SMP, SMA dan PT. Dan harus ada follow up dan pendampingan dalam membuat Kurikulum terintegrasi P4GN di setiap jenjang sekolah.”

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Dr Wahid Wahyudi  M.Si. mengapresiasi kegiatan webinar ini. Sosialisasi Program buku Panduan Anti Narkoba tingkat Paud dan Diskusi Buku Panduan Anti Narkoba tingkat SD, SMP dan SMA. “Teruslah mengembangkan kompetensi diri para siswa sekalipun di tengah pandemi. Jatim berhasil memboyong juara kompetisi sains Nasional 2020. Dan Jawa Timur para siswa nya terbanyak di terima di PTN di Indonesia.” Kata Wahid Wahyudi.

“2.3 juta pelajar yang menggunakan Narkoba atau pernah mengkonsumsi narkoba. Di sinilah pentingnya kita berkolaborasi dan mencegah Narkoba berbasis sekolah. Program Sekolah bersih Narkoba dan Kurikulum Anti Narkoba yang terintegrasi di setiap jenjang sekolah. Pendidikan PAUD ini sangat penting untuk menanamkan karakter-karakter yang baik dan unggul.” Lanjut beliau.

Kakanwil kemenag di wakili Kabag.TU  Dr . Nawawi M.Fil. I. menyatakan bahwa Upaya mewujudkan Gerakan Anti Narkoba adalah persoalan kita bersama dan pentingnya berkolaborasi dari hulu sampai hilir. Kemenag Jatim siap mendukung dan melaksanakan program ini.  Gerakan Anti Narkoba melalui P4GN. Dan ini adalah tanggung jawab kita bersama. Berkomitmen dan bekerja sama dengan BNNPJawa Timur untuk menerapkan kurikulum Anti Narkoba yang terintegrasi di Kurikulum Sekolah.

Acara ini di mederatori oleh Mas Isa Anshari dari Radio Suara Surabaya.Pembicara pertama M.Reza S.Psi, M.Si  Dosen BK Unesa Beliau Penyusun Kurikulum Anti Narkoba pada PAUD.Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya.Anak Usia dini target baru penyebaran Narkoba.Mereka anak usia dini dgn minum komix dgn berlebih bisa fly. Bisa juga dgn menggunakan lem. Maka di sinilah pentingnya edukasi kepada anak usia dini.Peran Negara, Peran Keluarga dan Peran Masyarakat terhadap penanggulangan Narkoba.Preventif harus kita lakukan sedini mungkin melalui kurikulum terintegrasi.

Momentum paud yang otak usia sampai 8 tahun berkembang secara cepat dan ini sangat penting menanamkan karakter dan nilai-nilai unggul. Parenting dan Menginsert kurikulum anti narkoba pada Paud sesuai dgn kompetensi dasar.

Prof. Dr Suryanti M.Pd Dosen PGSD Unesa memberikan materi Integrasi Kurikulum Anti Narkoba di sekolah dasar. Beliau menyatakan pentingnya Membentengi mereka dengan Literasi dasar. Literasi numeric, literasi sains, literasi membaca dan menulis. Melalui berpikir kritis,analitical  dan komunikatif,  Pembelajaran, ekstrakurikuler, lingkungan sekolah, dan peran masyarakat,  Hidup sehat, makanan sehat dan bergizi kelas 3 dan 5. Kandungan zat adiktif dan bahayanya.Olah raga dan Istirahat yang cukup. Pentingnya Hidup sehat dan Kesehatan. Mengkonsumsi obat sesuai dosis dan resep dokter. Membangun kesadaran dan hidup disiplin.Menanamkan nilai-nilai pancasila dan pendidikan karakter kejujuran, tanggungjawab, kedisiplinan dan responsible.  Budaya sekolah quote-quote bijak di lingkungan Sekolah.

Dr. Budi Purwoko  Dosen BK Unesa Surabaya.Model Program Gerakan Anti Narkoba di sekolah.Apapun itu Narkoba adalah ancaman bagi negara.Kita harus lindungi generasi emas bangsa ini.Pola dan strategi yang jitu :  Pelayanan terpadu aduan masyarakat, Kader anti Narkoba berbasis pelajar . Komunitas  remaja dan Generasi muda di sekolah-sekolah.Lomba Sekolah Bersih Narkoba. Apresiasi Prestasi Pelajar sebagai Duta Anti Narkoba.Membentuk Pembina Kader  Anti Narkoba.Menyiapkan materi TOT untuk penggiat dan Kader Anti Narkoba.Integrasi Kurikulum Anti Narkoba di Sekolah di pelajaran Biologi, PJOK, BK. Pelayanan BK secara optimal, fungsional dan maksimal mewujudkan Guru BK yang Profesional. Adanya satuan tugas pelajar anti Narkoba. Guru-guru pelajaran yang memasukkan dalam proses belajar mengajar.

Acara ini disponsori  oleh Asa dan Simak.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here