DR.N. Faqih Syarif H penulis gizi spiritual
- Advertisement
Sobat. Biasanya hambatan mental  dalam  menulis  itu alasan-alasan  yang sebenarnya  sepele tapi akan menjadi sepolo kalau dibiarkan  bahkan ditumbuhkembangkan. Apa saja alasan-alasan itu?  Tidak punya waktu, sulit memulai, tidak punya ide, takut dihujat, takut salah, tidak percaya diri, tata bahasa saya buruk, dan lain-lain.
Ingatlah  sobat, bisa karena biasa dan bangun terus komitmen untuk menulis. Sebab dengan hanya komitmen yang kuat bisa membuat seseorang mampu menulis. Tanpa komitmen, mustahil kita bisa menulis. Apalagi yang punya hambatan tak punya waktu atau kesulitan  membagi waktu. Dengan komitmen kuat, hambatan itu bisa dihancurkan. Sekali lagi komitmen. Apa ? Komitmen, komitmen, komitmen.
Misalnya sobat. Setiap 3 bulan sekali saya harus  menghasilkan sebuah  karya yang bisa  menginspirasi  banyak orang  untuk bangkit  dan meraih sukses mulia. Saya yakin setiap kita punya kemampuan untuk menulis buku asal punya komitmen yang kuat.  Mas dodi Mawardi  memberikan rumus :
M S –>Menulis  Saja
M S S –> Menulis Sedikit Sedikit atau Menulis Sehalaman Sehari.
M S S S –> Menulis Sering Setiap Saat.
Ayo kita berkomitmen !
Sobat. Menulis  itu seperti merawat  tanaman atau memelihara hewan kesayangan Anda. Anda pasti rajin memberi makan, memandikan, atau memberi kasih sayang pada mereka. Semuanya biasanya dilakukan dengan sangat menyenangkan, bukan keterpaksaan alias Enjoy aja ! Jadikan menulis  itu hobby bahkan pekerjaan yang sangat  menyenangkan dan jadi ladang pahala dan amal sholeh. Bukankah dalam agama kita  akan berdosa apabila menyembunyikan ilmu atau jika ilmu yang dimiliki ini hanya  tersebar  kepada segelintir orang. Maka dengan menulisnya akan lebih banyak  orang  yang menerima ilmu tersebut.
Sobat. Menulislah rutin sedikit demi sedikit. Sisihkan waktu setiap hari 30 menit sampai 1 jam, buat jadwal rutin agar anda bisa menulis. Terserah  menulis tema apa saja  yang penting anda menulis. Kalau ini anda lakukan anda akan mulai terbiasa menulis. Dan  anda akan terkejut  jika melihat hasilnya. Coba kalau setiap hari  hanya 1 halaman atau pun 2 halaman dengan spasi 1,5 font huruf Times New Roman  maka dalam 3 bulan atau 90 hari akan menjadi 90 sd 180 halaman  maka itu sudah bisa menjadi buku. Artinya kita  sudah bisa menghasilkan buku dalam waktu 3 bulan. Syaratnya, jika anda komitmen dan istiqomah menulis setiap hari. Berani menerima tantangan ini !
Sobat. Salah satu  cara  membangun mental  menulis  adalah  dengan mengingat  apa manfaat atau benefit menulis untuk kita. Imajinasikan  pada  diri kita  bahwa  semua itu akan menjadi milik kita jika mampu  menulis  sebuah buku. Kita akan banyak sekali  mendapatkan keuntungan dan manfaat mulai dari materi, popularitas, manfaat bagi orang lain, pahala, nilai tambah, dan lain-lain.
Sobat. Adapun  berbagai keuntungan  menulis  buku adalah sebagai berikut :
• Memperoleh passive income.
• Sebagai media untuk kenaikkan karier atau pangkat.
• Promosi diri sendiri.
• Mengalami kebanggan yang tak ternilai.
• Memberi sesuatu kepada orang banyak  atau menjadi ladang amal sholeh.
• Warisan  bagi peradaban manusia.
• Menjadi Inspirator.
• Menghindari kepikunan  dan  menjaga kesehatan.
• Bisa  menjadi ladang pekerjaan di masa pensiun.
Sobat.  Sekarang saatnya bertindak. Take Action ! Mulai sekarang juga  untuk  menulis. Menulis apa saja  yang bisa  anda tulis. Menulislah tanpa memikirkan  dampak  yang akan diperoleh  dari kegiatan menulis. Menulis dan sebarkan sebanyak mungkin kepada orang. Menulislah di blog , facebook atau WA. Pokoknya menulislah kalau anda akan menjadi manusia pra sejarah atau primitif. Kalau kita ingin mencapai sesuatu, niat atau semangat saja sama sekali tidak cukup. Kita harus memulainya  sekarang juga. Just Do it !  Action ! Action ! Action !
( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si  Pengasuh Kelas Online 90 Hari Menulis Buku. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )

1 KOMENTAR

  1. Tulisan ini selslu saya baca, agar sy terus berusaha untuk menulis.. Terimakasih Sang Motivstor… Ustadz Dr Faqih Syarif..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here