Saturday, October 16, 2021
spot_imgspot_img
HomeBERITAEnam Elkayyis Ikuti Tasmi’ Pondok Modern Kayyisul Ummah

Enam Elkayyis Ikuti Tasmi’ Pondok Modern Kayyisul Ummah

Bangga Indonesia (Mojokerto) – Pada Ahad (12/09/21) enam Elkayis megikuti Tasmi’ di Pondok Modern Kayyisul Ummah, Jalan Kembang Ringgit, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Saat Tasmi’ mereka meyetorkan seluruh hafalan qur’annya yang juga disiarkan secara live streaming di YouTube Kayyisul Ummah Channel.

Acara Tasmi’ ini dimulai jam 08.00 WIB. Para pentasmi’ disimak lima orang ustadz dan ustazah. Setiap Elkayyis menyetorkan hafalannya masing-masing. Ada yang sepuluh juz, lima juz, tiga juz, dua juz, dan juga ada yang satu juz.

Prodi jurnalistik dan literasi juga menjadi salah satu andalan PM Kayyisul Ummah agar mereka memilik lima kompetensi. FOTO BANGGA INDONESIA/ELKAYYIS

Enam Elkayyis yang tampil diantaranya, Muhammad Azka Ziyad Attaqy, Muhammad Adli Zulakmal, Muhammad Fachrul Arsyad, Mumtaz Fikri Mustanir, Muhammad yusuf Ammar Al faros, Satria Saif El Majid.

Beberapa Elkayyis ada yang tampil untuk membacakan hafalannya secara live streaming. Kesan mereka bahwa ketika sedang tampil di live membuat gugup dan geregetan sehingga ada beberapa kesalahan saat membaca.

Setiap tampil, para Elkayyis diminta membacakan satu juz. Kemudian diteruskan dengan Elkayyis selanjutnya. Rata-rata mereka lancar saat menyetorkan hafalannya.

Memang ada beberapa Elkayyis yang tidak mengikuti, dikarenakan belum mencapai target hafalan. Yang minimal harus mampu hafal satu juz. Yaitu Juz Amma. Mereka yang tidak mengikuti Tasmi’ ditugaskan untuk membantu di dapur memasak nasi kebuli.

Saat melantunkan hafalan Qur’annya kepada ustad dan ustadzah, mereka sangat mahir dalam menyimak hafalan yang disetor oleh para Elkayis. Hampir semua Elkayis memiliki suara yang merdu.

Para ustadz dan ustazah merasa puas terhadap acara tasmi’ pertama kali yang dilakukan oleh enam Elkayyis. Abuya Asrori (sapaan KH Mohammad Asrori Muzakki, pimpinan pondok) mengucapkan syukur atas keseriusan Elkayyis dalam menglhafal Al Quran sehingga bisa merampungkan tasmi’nya.

ILUSTRASI LOGO

Selama dalapan jam para Elkayyis berhasil menuntaskan tasmi’ yang berakhir pada jam 16:45 WIB. Adalah Muhammad Attaqi yang mengawali dan mengakhiri tasmi’ dengan bacaan surah An-Nas. Alhamdulillahirobbil ‘alamin.

Karya Elkayyis (Santri Pondok Modern Kayyisul Ummah Mojokerto)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Nadia Azkal Uyun on ” Neng”
Siti Chomaria Turmudzi on Bagaimana Cara Berpikir Positif?
Siti Chomaria Turmudzi on Dapatkan Rahmat Allah Yang Khusus!
Puspita Indah Kurniasari on Sudahkah Kita Menjadi Guru Inspiratif?