Zam-Zam Tower merupakan icon dari Wajah Baru Kota Makkah (Sumber https://www.pinterest.com/)
- Advertisement

BANGGAMEDIA | MAKKAH – Infrastruktur Masjidil Haram semakin hari semakin bertumbuh pesat. Gedung yang dibangun bermacam-macam, dimulai dari mall, hotel berbintang, penginapan, pertokoan dan masih banyak lagi. Tidak hanya gedung di sekitarnya, daerah Masjidil Haram juga semakin diperluas dengan rencana pembangunan berskala besar.

Hal ini akan turut mengubah wajah Masjidil Haram yang puluhan tahun lalu terlihat classic dan anggun dengan bangunan-bangunan tua. Sekarang disulap menjadi area modern yang mengintegrasikan banyak bidang. Gedung-gedung tersebut tersebut berjajar dan membingkai sekeliling Masjidil Haram. Bahkan, beberapa gedung memiliki pintu masuk yang pintu masuknya langsung bersinggungan dengan Masjidil Haram.

Salah satu gedung yang pintu masuknya langsung ke Masjidil Haram adalah ZamZam Tower. ZamZam Tower adalah bangunan ketiga tertinggi di dunia. Zamzam tower merupakan bagian dari kompleks Abraj al Bait, yang terletak di depan Masjidil Haram. Selain menunaikan ibadah haji, umat muslim juga bisa berkunjung ke sini sebagai tempat wisata religi dan edukasi. Di dalamnya jg terdapat mall yang menjual brands lokal dan internasional.

Dar Al Tawhid Intercontinental Hotel, salah satu gedung pencakar langit yg pintu nya langsung ke halaman masjidil haram

Di balik kemegahannya, terdapat fakta menarik pada bangunan ZamZam Tower, yaitu ketika adzan berkumandang atau waktu solat tiba semua aktivitas yang dilakukan di dalam Zamzam Tower Makkah akan dihentikan dan akan dijadikan tempat salat berjamaah. Sebenarnya, banyak gedung dibangun dengan tujuan untuk mengakomodir jumlah Jamaah Haji maupun Jamaah Umrah yang setiap tahun semakin meningkat. Di Indonesia sendiri, sebagaimana disampaikan oleh BPKH, bahwa jumlah pendaftar Ibadah Haji tahun ini melampaui target sebesar 710 ribu jemaah. Hal itu disampaikan oleh Anggota Badan Pelaksana BPKH, A. Iskandar Zulkarnain pada acara Annual Meeting 2019 yang dihadiri 32 BPS BPIH serta pejabat dari Kementerian Agama.

Masjidil Haram rencananya akan terus dikembangkan sehingga kelak mampu menampung sekitar 700 ribu jamaah yang tersebar di beberapa lantai. Plaza atau ruang terbuka di sekitar Masjidil Haram juga akan diperluas.

@Nia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here