Jadilah Expert di bidang Anda !

Jadilah Expert di bidang Anda

KUasai bidang Anda. Cara termudah untuk menjadi sukses; Menjadi yang terbaik dalam apa pun yang Anda lakukan. Maxwell Anderson mengatakan, “ Jika Anda mempraktekkan sebuah seni, berbanggalah dengannya dan jadikan ia bangga pada Anda..Itu akan menjadikan anda seorang yang ternama.”

Sobat. Era sekarang ini bukan hanya meningkatkan kompetensi saja untuk mendapatkan cukup baik. Namun anda perlu menetapkan pandangan yang jauh lebih tinggi hingga tingkat penguasaan keahlian dalam apa pun yang anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya.

Sobat. Bagaimana mengetahui bahwa Anda membuat kemajuan dalam prinsip ini? Anda belajar dengan lebih cepat. Anda belajar dari apa saja. Anda melibatkan orang lain dalam proses pembelajaran Anda. Anda bergerak menjauh dari kolega-kolega dan orang lain yang tidak belajar secepat Anda atau yang tidak berad di jalan menuju penguasaan keahlian. Anda mendapatkan cara-cara yang sangat berbeda dan jauh lebih baik untuk memenuhi apa yang Anda tawarkan secara professional, meskipun Anda sudah bekerja dengan sangat baik. Anda senang berinovasi dan melakukan berbagai hal dengan cara-cara yang tidak konvensional.

Sobat. Berikut ini ada 10 cara mencapai puncak untuk menguasai bidang Anda :

1. Menentukan sesuatu yang baru di bidang Anda. Anda harus memberi izin kepada diri sendiri untuk memanfaatkan intuisi alamiah, kreativitas, dan kegeniusan Anda. Mendekatlah kepada pelanggan Anda. Semakin sering Anda melakukan itu, semakin banyak ide yang akan Anda miliki. Mereka akan mengilhami anda setiap kali mereka mengatakan apa yang mereka suka, apa yang mereka mau, apa yang mereka benci, dan apa yang mereka harapkan merupakan bagian dari produk atau layanan yang tersedia di bidang Anda. Pelanggan adalah departemen riset dan pengembangan Anda.
2. Temukan cara yang lebih baik bagi pelanggan untuk menggunakan produk atau layanan Anda. Jika anda benar-benar peduli tentang seberapa besar kebaikan yang diperoleh orang-orang dari layanan atau produk Anda, Anda akan mulai mencari cara-cara agar mereka mendapat nilai tambah yang lebih banyak lagi. Ini akan mengantarkan ke salah satu dari hal-hal yang menakjubkan berikut ; Mereka akan menjadi lebih loyal dan atau mereka akan menemukan manfaat dalam membeli lebih banyak lagi.
3. Menjadi lebih cerdas dengan mengajar orang lain. Jalan yang cepat untuk menguasai bidang Anda adalah dengan menawarkan untuk mengajarkan apa-apa yang Anda ketahui kepada orang lain yang lebih baru di bidang Anda. Mereka nantinya akan bertanya kepada Anda pertanyaan-pertanyaan yang akan mendorong Anda lebih jauh dalam pembelajaran dan kemajuan Anda sendiri. Kelilingi diri Anda dengan siswa-siswa yang sangat cerdas, dan Anda akan menjadi ahli sejati dalam bidang Anda.
4. Bawa sepenggal dari apa yang Anda lakukan, dan bagikan itu kepada public, secara Cuma-Cuma. Ketika Anda memberikan pengetahuan secara Cuma-Cuma, Anda juga memberi orang-orang cara yang lebih mudah untuk datang mendekati Anda, melihat apa yang Anda lakukan, dan barangkali menjadi seorang klien. Dan seorang klien yang terinformasikan dengan baik pula, yang merupakan jenis klien terbaik untuk dimiliki.
5. Naikkan setidaknya satu standar dalam bidang atau industry Anda. Pertanyaannya; Apa standar professional yang bisa Anda naikkan yang akan membuat Anda lebih menonjol di tengah rekan sebaya?
6. Kurangi biaya emosional dan waktu pengantaran produk atau layanan Anda. Agar memiliki waktu dan ruang untuk menguasai bidang Anda, Anda barangkali perlu menemukan satu cara untuk menyederhanakan jalur, atau mengotomatisasi bagian dari apa yang Anda lakukan untuk menyeleaikan produk atau layanan Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih atraktif dan penguasaan keahlian yang terus berkembang akan membuat Anda jauh lebih atraktif di masa depan.
7. Tingkatkan permintaan atas produk atau layanan Anda.Fokus ini menempatkan Anda pada posisi pelanggan anda yang sekarang maupun yang akan datang, dan itu membantu Anda membayangkan fitur dan manfaat apa yang akan mereka suka. Sebagai efek sampingnya, Anda akan mengevolusi produk atau layanan yang anda sediakan. Apakah satu hal yang hamper semua orang sangat inginkan dalam hidup; bagaimana saya bisa mengaitkan produk atau layanan saya dengannya?
8. Integrasikan produk atau layanan Anda dengan produk atau layanan popular lainnya.Pertanyaannya ; Produk atau layanan apakah yang banyak digunakan orang yang bisa saya kaitkan dengan produk atau layanan saya?
9. Manfaatkan pikiran-pikiran orang paling cerdas dan visioner dalam industry Anda. Ada visioner-visioner dalam setiap bidang. Salah satu cara tercepat untuk menguasai, atau sekadar meningkatkan , keterampilan Anda adalah dengan berhubungan dengan orang-orang cerdas ini. Siapakah orang paling pintar dan visioner yang Anda ketahui di bidang Anda? Bagaimana cara mendekati mereka? Apakah mereka memiliki komunitas?
10. Kembangkan keahlian baru. Setiap saat banyak bermunculan profesi dan keahlian baru, berhadapan dengan suatu generasi yang lebih terdidik, menuntut, dan pelanggan yang terspesialisasi. Jangan takut untuk mengembangkan layanan atau produk yang sama sekali baru, dan memberinya nama baru. Semuanya didasarkan pada, atau berdiri di atas, apa yang terdahulu.
Sobat. Kalau kita menjadi expert di bidang yang memang kita kuasai, maka itu akan menjadi magnet rezeki bagi hidup Anda.
Salam Dahsyat dan Luar Biasa !
( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si Penulis Buku Buatlah Tanda di alam semesta. Pengasuh 90 Hari Menulis Buku . Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here