KATA AJAIB “SALES” TAHUKAH ANDA KEHEBATANNYA ???

KATA AJAIB “SALES” TAHUKAH ANDA KEHEBATANNYA ???

 Nurman Nuhara

Seringkali kata Sales ini terucap , terdengar dan terihat diberbagai kesempatan dan kondisi, mau rapat,arisan,meeting, cangkrukan, nonton film, jalan-jalan dimall, makan diwarung restoran dan seterusnya. Sebagai sebuah profesi or pekerjaan tidak semua orang berminat bahkan ada yang jelasjelas tidak menginginkan jalan hidup pekerjaan menjadi seorang sales. Arti Sales = Penjual barang atau Jasa terkadang menjadi momok bagi sebagian orang mungkin semua orang tua tidak setuju kalau anak kesayangannya menjatuhkan pilihan pekerjaan sebagai SALES. Meskipun kalau kita cermati kata SALES itu sendiri dapat dikatakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari mau apapun jenis aktivitas pekerjaan contohnya, ibu rumah tangga saat berbicara dengan anak suami tetangga sebenarnya aktivitas “sales” saat menasehati anak artinya mencoba menyakinkan bahwa yang dilakuka itu salah , itu sebuah aktivitas negoisasi antara ibu anak, saat berbicara dengan tetangga soal warung makan yang enak juga aktivas “sales” menceritakan dengan penuh semangat antusias akan rasa harga yg murah sehingga orang2 setuju dengan pendapatnya, dsb.

Oleh karenanya SALESs dapat juga dikatakan ajaib dikaitkan aktivitas semua mahkluk tanpa disadari setiap hari terjadi serta kita lakukan dan hebatnya kalimat sales telah menjadikan banyak sekali orangorang hebat diberbagai bidang dan profesi. Jangan dikira loh ya, pidato itu bukan sebagian adalah sales, tahu kenapa, karena ada ajakan himbauan or motivasi untuk bersama-sama melakukannya.

Dari uraian diatas pengertian Sales banyak berkembang mulai dari arti dilihat dari kamus Bahasa sampai pada pengertian yang dimunculkan para praktisi-prakti yang berhasil disales itu sendiri. Pertama arti Sales menurut kamus penjual = orang yang melakukan penjualan baik barang atau jasa ( makanan, minuman, kredit,asuransi, motor, sayur, obat, dll). Kedua arti Sales menurut berbagai sumber = orang yang menjual produk tertentu baik barang atau jasa sehingga mendapatkan keuntungan dari hasil jualannya.

Di samping itu dibidang lain seperti spiritualitas juga banyak seni penyampaiannya dapat dikatakan secara positif sebagai aktivitas “sales” dengan gaya, aksi, gerakan2, nyanyian, untuk membuat orang yakin, percaya, bahkan terhibur kaena luwes, enak bicara, masuk akal, sesuai fakta kondisi yang ada . Seperti profesi dokterpun juga menjalan aktivitas ini bagaimana berpernampilan khusus, gaya bicara, cara memberikan nasehat, menjelaskan fungsi obat dan resep minumnya termasuk larangan-larangan yang wajib dituruti. Begitu banyak hal yang bisa dikaitkan dengan “sales”.

Pada dasarnya 2 pengertian Sales diatas sama aja hanya unik dan menarik dalam perkembangan zaman yang semakin maju seperti sekarang ini kehebatan seorang sales menghadapi berbagai rintangan dan tantangan serta mungkin celaan cemoohan hujatan dsb. Banyalk menjadikan orang-orang hebat dan luar biasa secara finansial khususnya dibidang sales ini. Kelihaian seorang sales dalam menjual menjadi sebuah bentuk seni tersendiri dalam menjalankan aktivitasnya. Sales sebagai seni mempengaruhi orang lain, bagaimana mempersuasi orang, bagaiman orang yakin akan sesuatu, bagaimana orang tertarik, bagaiamana orang termotivasi, bagaimana menyakinkan pasangan, dan sebagainya. Jadi sudah terbukti dalam bahasan ini kehebatan kata “sales” menjadikan banyak orang yang menjalankan meraih dan mendapatkan keberhasilan, penghargaan, serta kesuksesan hidup.

#90HariMenulisBuku

#InspirasiIndonesiaMenulis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here