Kelola Waktu Anda ; Pasti Ada jalan di setiap Kesulitan

Kelola Waktu Anda ; Pasti Ada jalan di setiap Kesulitan
Sobat. Ada saat-saat ketika kita merasakannnya sebagai saat terakhir, lalu kita sadar, itu adalah permulaan. Ada saat ketika kita merasa bahwa semua pintu tertutup, lalu kita sadar bahwa itulah pintu masuk yang sesungguhnya.

Sobat. Ingatlah ketika Allah menutup satu pintu, sesungguhnya Dia membuka pintu lain yang lebih baik dan lebih mulia. Dan ketahuilah bahwa sangat mungkin pintu yang tertutup itu sesungguhnya akan mengantarkan Anda pada derita yang lebih dalam, kesedihan yang lebih mengiris dan menyiksa.Ketahuilah bahwa saat-saat untuk berubah menjadi lebih baik semakin dekat.

Perhatikanlah apa yang terjadi pada diri Anda, pelajarilah, dan tuliskanlah langkah-langkah penting untuk menghadapi masa depan Anda. Mulailah melangkah dan bertindak. Mulailah saat ini juga, jangan lagi menunggu. Jangan hanya berdiam diri menyesali segala kesulitan dan penderitaan. Jangan melihat ke belakang dan mengingat masa lalu yang tidak sama dengan masa sekarang dan masa depan.

Seorang manusia tidak akan benar-benar belajar hingga ia merasakan sakit. Sebab rasa sakit dan derita akan membuatnya belajar menghadapi berbagai kesulitan dan masalah dalam kehidupan. Jika Anda melihat sekeliling , niscaya Anda akan menemukan bahwa tidak ada seorang pun yang meraih sukses dalam hidup mereka kecuali setelah melewati hari-hari penuh kesulitan, masalah, kegagalan, dan penderitaan.

Sobat. Berikut ini bagaimana kita mengalokasikan waktu yang efektif menurut Dan Sullivan seorang pakar Strategi coach, beliau membagi tiga jenis hari :

1. Focus Days. ( Hari Fokus ). Focus Day adalah hari ketika Anda menghabiskan setidaknya 80% dari waktu Anda mengoperasikan kegeniusan inti Anda, atau area keahlian utama, berinteraksi dengan orang atau proses-proses yang memberi imbalan terbesar bagi waktu yang Anda investasikan. Agar sukses, Anda harus menjadwalkan lebih banyak Focus Day dan bertanggung jawab untuk memberikan hasil. Kecerdasan inti Anda adalah bakat alami anda, bidang di mana Anda bersinar.
2. Buffer Days. ( Hari Penyangga ). Hari Persiapan adalah sebuah hari ketika Anda mempersiapkan dan merencanakan hari hasil terbaik. Entah dengan mempelajari ketrampilan baru, mencari sumber daya baru, melatih tim pendukung anda, atau mendelegasikan tugas dan proyek ke orang lain. Hari-hari persiapan memastikan agar hari hasil terbaik anda menjadi seproduktif mungkin.
3. Free Days. ( Hari Bebas ). Suatu hari bebas berlangsung dari tengah malam ke tengah malam dan tidak melibatkan satu pun kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan. Hari itu sepenuhnya bebas dari pertemuan bisnis, telepon, panggilan ponsel, dan email yang berhubungan dengan bisnis, atau membaca dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan.
Nilai hari bebas yang teratur adalah anda kembali ke pekerjaan Anda dalam keadaan segar lagi dan siap melakukannya dengan energy, semangat, dan kreativitas baru. Supaya menjadi benar-benar sukses, Anda memerlukan istirahat itu supaya bisa menjauhkan diri dari kehidupan sehari-hari Anda, supaya Anda bisa menjadi lebih kreatif dalam melahirkan gagasan terobosan dan memecahkan masalah.

Sobat. Kunci mendapat lebih banyak Hari Bebas dan Hari Hasil Terbaik dalam kehidupan anda adalah duduk dan menjadwalkannya. Inilah beberap langkah yang mungkin perlu Anda ambil untuk mulai menerapkan system waktu hasil terobosan : 1. Catat tiga Hari Fokus yang pernah anda alami. Tuliskan kesamaannya. Hal itu akan memberi anda petunjuk berguna tentang cara menciptakan Hari Hasil Terbaik yang lebih sempurna.Rencanakanlah! 2. Adakan pertemuan dengan atasan, staf, dan rekan kerja Anda untuk membahas cara menciptakan lebih banyak Hari Fokus di mana Anda bisa memusatkan 80% waktu Anda pada penggunaan keunggulan Anda untuk menciptakan hasil terbaik Anda. 3. Adakan pertemuan dengan teman atau keluarga Anda dan bahas cara menciptakan lebih banyak Hari Bebas dalam kehidupan Anda. 4. Jadwalkan sedikitnya empat liburan, entah akhir pecan yang panjang atau lebih lama lagi untuk tahun depan. 5. Tulis tiga hari terbaik yang pernah Anda lakukan dna cari kesamaan itu dalam rencana Hari Bebas Anda.

Sobat. Dalam ajaran agama bagi seseorang yang berakal waras, hendaklah dia membagi waktunya untuk sesaat bermunajat kepada Allah SWT,sesaat untuk muhasabah diri, sesaat untuk bertafakur berkaitan dengan segala ciptaan Allah SWT, sesaat untuk mencari keperluan makan dan minum.

Dalam buku The Power of Spirituality , penulis menyampaikan bahwa orang yang berakal jangan memprioritaskan hal lain kecuali pada tiga hal ini : Pertama. Bekal untuk akherat. Kedua, bekal untuk kehidupan di dunia dan Ketiga, Bersuka ria dalam hal yang tidak diharamkan oleh Allah.
Sobat. Ketika dunia kita menjadi lebih rumit dan penuh tekanan, Anda harus menjadi semakin sadar dan berniat untuk menata waktu Anda dengan cara yang sepenuhnya memanfaatkan bakat anda dan memaksimalkan hasil serta pemasukan Anda. Mulailah sekarang untuk mengendalikan waktu dan kehidupan Anda, Ingat, Anda yang memegang kendali.
Salam Dahsyat dan Luar Biasa !
( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si Penulis Buku “ Buatlah Tanda di Alam Semesta “ Pengasuh 90 Hari Menulis Buku. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here