Kemampuan Atlet Renang Siman Sudartawa Dinilai Mulai Kembali

0
1
Ilustrasi: Perenang I Gede Siman Sudartawa berlatih dengan klubnya Millennium Aquatic di Kolam Renang Cikini, Jakarta, Kamis (8/10/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz. FOTO:ANTARA

Bangga Indonesia, Jakarta  – Kemampuan atlet renang Indonesia I Gede Siman Sudartawa dinilai mulai kembali setelah menjalani serangkaian program pelatihan meski banyak kendala yang harus dihadapi termasuk belum berakhirnya pandemi COVID-19.

“Latihan demi latihan sudah dilakukan termasuk ditopang dengan nutrisi yang tepat. Siman semakin lebih siap dan percaya diri,” kata pelatih renang Albert Sutanto seperti dikutip dari laman www.kachimeshi-indonesia.com di Jakarta, Rabu.

Siman Sudartawa mulai menjalani pelatihan sejak 5 Januari. Fokus utama dari latihan yang diterapkan adalah menjaga kebugaran Siman setelah liburan dan juga untuk menghadapi kejuaraan resmi yang diselenggarakan oleh Pengurus Provisi DKI Jakarta pada 29 Maret – 1 April.

Pada kejuaraan yang juga sebagai ajang uji coba tersebut, Siman berhasil menunjukkan program latihan yang saat ini dijalankan sesuai dengan rencana. Bahkan catatan waktunya dinilai mengalami peningkatan

Atlet asal Bali itu berhasil membukukan catatan waktu 25.64 detik yang bila dibandingkan dengan perolehan hasil SEA Games 2019 di Filipina lalu sudah melebihi catatan waktu peraih medali perak saat itu, Quah Zheng Wen dari Singapura 25.65 detik.

Albert Sutanto menambahkan, apa yang diraih Siman Sudartawa saat ini menunjukkan program latihan yang dilakukan berjalan sesuai rencana meski program Training Camp yang rencananya diadakan di Australia terkendala dengan pandemi.

“Setelah konsentrasi latihan kecepatan dan kekuatan sesuai dengan tipe atau karakternya, mulai bulan April dan Mei ini pelatihan Siman sudah masuk ke periode prakompetisi. Siman sudah harus melakukan uji waktu setiap dua pekan sekali,” kata pelatih yang juga mantan atlet nasional itu.

I Gede Siman Sudartawa adalah satu dari sejumlah atlet yang sebelumnya disiapkan untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade Tokyo. Selain Siman ada Triady Fauzi, Glen Victor Susanto, Fadlan Prawira, Farrel Armandio Tangkas dan Azzahra Permatahani.(Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here