Ketua Komnasdik Jatim Kunjung Wahyudi ST,M.Si di SMA SPI Batu Jawa Timur
Kunjungan Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur ke SMA Unggulan Selamat Pagi Indonesia.
Rabu, 21 Juli 2020. Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur Kunjung Wahyudi ST,M.Si. bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke sekolah unggulan SMA Selamat Pagi Indonesia Batu Jawa Timur.
SMA Selamat Pagi Indonesia adalah sekolah gratis yang dibangun dengan harapan untuk membantu anak – anak yatim piatu dan kurang mampu, agar bisa melanjutkan sekolahnya di jenjang SMA. Keunikan dari sekolah Selamat Pagi Indonesia adalah, dimana keharmonisan dan toleransi yang dapat terjadi terhadap siswa dan siswi disana yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dan dengan latar belakang, serta suku, agama, ras, dan budaya yang beragam.​
Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur beserta rombongan disambut langsung oleh Bapak Julianto (Ketua Pembina Yayasan Selamat Pagi Indonesia) dengan Jajaran Pimpinan Yayasan Selamat Pagi Indonesia termasuk Kepala Sekolah SMA Selamat Pagi Indonesia.
Kunjung Wahyudi ST,M.Si Ketua Komnasdik Jatim memaparkan mengenai hasil pertemuan dengan Pimpinan Yayasan Selamat Pagi Indonesia sebagai berikut :
1. Bahwa Yayasan Selamat Pagi Indonesia (SPI) siap melakukan Kerjasama dengan Komnas Pendidikan Jatim dalam bidang Pendidikan Soft Skill untuk guru dan siswa mulai pendidikan tingkat PAUD s/d SMA/SMK/MA, Pelatihan Wirausaha, Literasi dan Penelitian Mahasiswa dan Dosen.
2. Bahwa Yayasan SPI siap mendukung dan support Program Kerja dari Komnas Pendidikan Jatim.
3. Bahwa Komnas Pendidikan akan membantu mensosialisasikan SMA Selamat Pagi Indonesia ke seluruh Jawa Timur dalam membantu Pemerintah dalam mengatasi Permasalahan Kemiskinan dan Pendidikan. Sekolah SMA SPI Gratis dan diutamakan buat anak yang kurang mampu.
4. Bahwa Komnas Pendidikan Jatim diberikan kepercayaan utk mengajak para guru dan para siswa seluruh Jawa Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya untuk belajar bersama di SMA SPI.
5. Bahwa bentuk Kerjasama akan dituangkan dalam sebuah MoU antara Komnas Pendidikan Jatim dan Yayasan Selamat Pagi Indonesia.

SMA Selamat Pagi Indonesia dapat berdiri karena ide yang pertama kali dicetuskan oleh Julianto Eka Putra, SE, CFP. Beliau mempunyai 2 target yaitu membangun sekolah gratis dan rumah sakit gratis bagi mereka yang tidak mampu. Dari dua target tersebut, akhirnya diprioritaskan pembangunan sekolah gratis terlebih dahulu.

SMA Selamat Pagi Indonesia yang berlokasi di Jalan Pandanrejo No 1 Bumiaji, Batu, Jawa Timur merupakan SMA berasrama (Boarding school) dengan murid dari seluruh Indonesia yang beranekaragam baik agama maupun suku menjadikan SMA Selamat Pagi Indonesia menjadi unik dan kompleks. SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan SMA gratis dimana seluruh biaya hidup dan biaya pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh Yayasan dan dilaksanakan oleh sekolah. SMA selamat pagi indonesia tidak menerima dan meminta peserta didik atau wali murid mengeluarkan biaya apapun karena peserta didik yang diterima di SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan keluarga YATIM PIATU atau Tidak mampu yang memerlukan pendidikan di jenjang SMA.

SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan satu-satunya SMA di kota Batu yang menerapkan muatan lokal entrepreneurship lengkap dengan laboratoriumnya dengan nama Kampoeng Succezz. Kampoeng Succezz didirikan sebagai sarana belajar secara langsung dalam menerapkan teori-teori yang didapatkan dikelas. Sehingga peserta didik dapat mengalami dengan nyata dan menjadi kebiasaan (habit). Muatan lokal ini dilaksanakan  untuk mendukung program pemerintah kota Batu yang akan menjadikan kota batu sebagai kota wisata pendidikan. Program entrepreneurship yang dikembangkan oleh SMA Selamat Pagi Indonesia dilaksanakan sebagai sarana untuk memacu kemampuan life skill peserta didik sehingga nanti lulusannya mampu bersaing di era global.


Salam Pendidikan dan Salam Literasi!  ( Kunjung Wahyudi, ST,M.Si. Mahasiswa Pascasarjana  Universitas  Wijaya Kusuma Surabaya )

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here