Madu Onggu, madu alami untuk kesehatan keluarga
- Advertisement

Bangga Indonesia, Sidoarjo – Madu murni telah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dulu karena mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan. Beragam khasiat madu sudah bukan rahasia umum. Madu bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan dan obat-obatan yang memakai madu sebagai bahan dasarnya. Bahkan madu juga dijadikan sebagai bahan campuran di beberapa makanan dan minuman.

Madu berawal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Madu alami jauh lebih berkhasiat ketimbang di kemasan yang telah tercampur oleh bahan-bahan lainnya. Di sisi lain, madu asli juga bersifat lebih kental daripada yang kemasan. Madu memiliki rasa manis yang khas karena mengandung unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang lebih baik ketimbang gula. Madu mengandung kalori gula yang dapat menyerap lemak dengan baik, terutama apabila dikonsumsi bersamaan dengan air hangat.

Berbagai manfaat dari madu ternyata juga bias disulap menjadi peluang bisnis. Permintaan pasar terhadap madu alami dapat dikatakan cukup tinggi. Berawal dari logika terebut Arissa Fauziarachman kemudian membuka bisnis yang khusus menjual produk Madu Murni.

“Madu Onggu dirintis sejak 2017 diawali dengan nama Madu Zahin. Di tahun 2018 kami perkenalkan kembali dengan nama Madu Onggu. Melalui usaha ini, kami juga ingin terlibat aktif dalam pemberdayaan peternak lebah lokal serta ikut andil mempertahankan keamanan pangan dan juga mendukung kelestarian alam sebagai bentuk pembangunan berkelanjutan. Karena madu hanya akan ada dengan dukungan alam yang lestari”, ucap Alissa.

Nama Onggu sendiri dalam Bahasa Madura dapat diartikan sungguh atau benar. Sehingga pemilik ingin mengenalkan Madu yang benar atau sungguh jelas kemurniannya melalui penamaan Madu Onggu tersebut. Selain itu, melalui Madu Onggu ia juga ingin merepresentasi kan titik panen yang banyak berada di wilayah tapal kuda seperti Pasuruan, Probolinggo, Jember, dan wilayah sekitarnya yang umumnya menggunakan bahasa Madura.

Alissa juga menambahkan, “Madu Onggu bukan hanya terkait cita rasa dan aroma yang khas. Tetapi lebih dari itu kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat madu yang dapat dipertanggungjawabkan sumbernya yang sesuai fitrah yaitu dari nektar tanaman. Sehingga bagi yang mengkonsumsi akan mendapatkan manfaat kesehatan”.

Dalam pemanenan Madu Onggu ada tim inventori yang mengawal proses dan hasil panen. Bagaimana aroma, rasa, kadar air dan lokasi harus ada kejelasan. Sehingga madu yang didapatkan di konsumen adalah yang terbaik yang bisa diberikan dan dapat dipertanggungjawabkan sumbernya.

“Ada pengawalan dari hulu ke hilir untuk sebagian besar produk Madu Onggu. Tim inventori yang akan memastikan didapatkan madu dengan standard kualitas sesuai SNI dari rasa, aroma, kadar air maupun kejelasan bahan baku madu baik dari lokasi panen maupun sumbernya yang harus dari nektar tanaman. setelah itu tim produksi yang akan memastikan untuk SOP pengemasan dilakukan sesuai dengan yang seharusnya”, jelas Arrissa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here