Foto diambil saat Neng Dessy sedang bersantai di Cafe Fresh Milk. (Dok. Pribadi)
- Advertisement

SIDOARJO – Memutuskan untuk berhenti sebagai karyawan disalah satu perusahaan PMA bukanlah suatu yang mudah bagi kebanyakan orang. Dengan berbagai pertimbangan, diantaranya menyangkut masa depan, itu pasti, gaji berkecukupan, berpeluang menduduki posisi pentingpun ada. Namun sebagai pertimbangan utama bagi Dessy Ahadian, ST atau yang akrab disapa Neng Dessy ini meninggalkan zona nyaman yang telah lama digelutinya. Kini ia berhenti berkarier sebagai karyawan dan sukses menjadi pengusaha kuliner.

“Saya ini type perfectsionist, pengambil keputusan namun tetap dalam target perhitungan yang tepat untuk masa depan saya. Selama ini saya berkarier lebih dari 16 tahun sebagai karyawan dan juga sebagai enterpreneur bisnis kuliner. Sayapun semakin mantap di bisnis kuliner yang telah lama melekat pada diri saya karena dengan bisnis ini saya dapat berkreativitas dan maju bersama industri kuliner.” ungkap Neng Dessy saat diwawancarai salah satu awak media ini.

Café Fresh Milk adalah nama usaha yang ditekuninya sejak Juni 2014 lalu. Meski baru 6 tahun berjalan, usaha café nya berkembang pesat dan kini sudah memiliki cabang di beberapa kota. Ia mengaku memang sangat menggemari minuman yang berbahan dasar susu. Untuk mendapatkan resep yang pas, ia bersama suaminya Kang Didin, tak segan belajar dan bertanya pada orang lain, bahkan sering nongkrong juga ke beberapa café lain, untuk sekedar minum santai, sambil mempelajari model bisnis kuliner, maupun café yang sudah mulai tumbuh pesat di kota Sidoarjo ini. Mereka juga membagikan kepada teman-temannya untuk mencoba produk susu buatannya. Lantaran baru memulai, Neng Dessy memikirkan bagaimana agar produk susu yang akan dijualnya mempunyai ciri khas, beda dengan yang lainnya.

Sebelum buka usaha Café ini, Neng Dessy berbisnis jualan batik di tahun 2013. Namun karena kurang prospektif ia pun menghentikannya dan memutuskan beralih ke usaha café. Pertimbangnnya, usaha minuman berbahan dasar susu ini lebih menyehatkan, bahkan mendukung program pemerintah dengan slogan yang terkenal “Empat Sehat Lima Sempurna” yang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia.

Pertama kali usaha dengan nama Fresh STMJ (Susu Telur Madu jahe) dibuka di perumahan Puri Indah ED 44 Sidoarjo dan hanya memiliki 1 karyawan. Di tahun pertama masa awal pengenalan Fresh STMJ sangatlah berat. Karena lokasi bukanya di depan rumah yang nota bene ada didalam perumahan, selain itu menunya hanya 5 macam saja. Alhasil dalam sehari, hanya laku beberapa porsi saja.

Melihat kebiasaan kedua anaknya yang senang minum minuman bahan coklat, menjadi inspirasi untuk membuat minuman berbahan dasar susu dengan rasa coklat.

Pada tahun 2015, Neng Dessy mulai memutar otak. Ia menangkap peluang dengan menambahkan susu murni yang dijualnya dengan beberapa rasa. Akhirnya Neng Dessy merenovasi rumahnya untuk dijadikan café dengan nama Fresh Milk. Menambahkan beberapa menu minuman degan rasa coklat : seperti Fresh Choco, Choco Magnum, Black Choco, Choco banana dsb. Ada juga rasa strawberry, mangga hingga green tea, thai tea bahkan tarik tea. Penggunaan bahan-bahan yang berkualitas tinggi, dengan harga terjangkau, kian membuat Café Fresh Milk cepat dikenal.

Suasana Cafe Freshmilk ketika dipenuhi para konsumen nya

Inovasi lain yang dilakukan Neng Dessy ialah menambah menu makanan ringan: roti bakar, tahu crispy, kebab yang dibuatnya sendiri, sehingga konsumen merasa kebab yang disajikan fresh karena menggunakan bahan dan sayuran dalam keadaan masih segar. Selain roti bakar, Cafe Fresh Milk juga menyediakan berbagai macam makanan, nasi goreng spesial, nasi goreng jawa, nasi goreng sosis, selain itu ada beberapa varian menu mie: mie goreng spesial, mie gaul, spesial ramen, hingga spaghetti.

Untuk strategi marketing serta meningkatkan omset penjualan, Café Fresh Milk juga telah tersedia dalam aplikasi pesan antar makanan seperti Go-Food dan Grab Food. Selain itu, Cafe Fresh Milk juga tidak pernah absen memberikan promo-promo menarik, seperti discount, voucher dan banyak promo-promo lainnya. Beberapa komunitas juga memilih mengadakan gathering di Café Fresh Milk karena fasilitasnya yang mendukung.

Saat ini di cafe Fresh Milk tersedia Wifi yang super cepat, serta ada beberapa ruangan yang ber AC, ada juga ruangan non AC, serta jika ingin lebih rileks, ada tempat khusus lesehan yang menambah kesan lebih akrab.

Untuk mengoperasikan seluruh gerai tersebut, café Fresh Milk mengerahkan lebih dari 15 karyawan termasuk yang di bagian gudang penyediaan bahan baku. “Dalam waktu dekat, café Fresh Milk akan membuka cabang lagi di Sidoarjo dan Surabaya,” papar Neng Dessy.

Penggunaan media sosial seperti Instagram dan Facebook juga merupakan strategi promosi café Fresh Milk. “Tujuannya untuk mengangkat merek café Fresh Milk. Dengan kita gencar promosi menggunakan media sosial, mereka menjadi kenal dengan café Fresh Milk. Dari kenal kemudian suatu saat mereka akan mencoba. Dan setelah mereka mencoba, pada akhirnya mereka akan membeli terus, karena kualitas produk kita yang baik,” ujar Neng Dessy, menambahkan.

Saat ini café Fresh milk memiliki 100 macam menu. Makanan dan Minuman di café Fresh Milk dijual dengan harga mulai Rp.8.000,00 sampai Rp.25.000,00. Cafe Fresh Milk berusaha memuaskan pelanggan dengan menyuguhkan cita rasa yang menggugah selera dan dibuat dengan sepenuh hati. Buka mulai pukul 09:00 sampai dengan pukul 23:00 WIB, cafe Fresh Milk selalu ramai pembeli. Setiap harinya, cafe Fresh Milk menjual 250 item menu makanan dan minuman.

Café Freshmilk bertahan dari tahun 2014 hingga saat ini bukan tanpa alasan. Mempertahankan kualitas produk yang dijual serta tidak menghilangkan sejarah berdirinya café Fresh Milk menjadi faktor kuat yang turut menyokong kemajuan café Fresh Milk hingga detik ini. Neng Dessy berpesan, “Peluang selalu ada dimanapun, tinggal bagaimana kita mampu melihat dan mengembangkannya. Setelah peluang telah tumbuh dan berkembang, tugas para pebisnis adalah mempertahankannya. Tidak mudah puas dan berani bermimpi adalah fokus utamanya”.

Saat ini Neng Dessy telah mengembangkan usaha nya ke beberapa unit bisnis di bawah naungan PT. Fresh Media Nusantara, diantaranya :
www.freshband.id
www.freshmedia.co.id
www.chocio.co.id
www.freshmilk.co.id
www.freshchoco.co.id
www.freshstmj.my.id

@bilqis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here