- Advertisement

 Membangun Sikap Pemenang dan percaya diri Tenaga Pendidikan dan Kependidikan  SMKN Singgahan Tuban.

Sobat. Seringkali kita  tidak  menyadari  bahwa kunci sukses  sebenarnya terletak pada apa yang  kita lakukan setiap hari. Jika kita melakukan yang terbaik hari ini, itu akan berdampak  pada hari esok dan seterusnya.

Selasa 7 juli  2020. SMKN Singgahan Tuban dikomandani oleh Bpk Rahman Hidayat, M.Pd, MM  mengadakan Diklat Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Penyiapan  Guru Profesional dan Religius  dengan Tema “ Tingkatkan Kompetensi Lejitkan Potensi – SDM Hebat Sekolah Unggul.”  Selama 4 Hari dari tanggal 7-10 Juli 2020. Pada saat pembukaan  dihadiri pula oleh Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur Kunjung Wahjudi , ST, M.Si.  Kepala Cab.Din wilayah Bojonegoro-Tuban diwakili oleh Bpk Firman sebagai pengawas yang berkenan beliau berdua memberikan sambutan pembuka acara ini. Bpk. Mahfudz S.Pd, M.Pd. dari LPMP Jawa Timur sebagai narasumber kedua. Sebagai Narasumber di Hari Pertama ini menghadirkan Spiritual Motivator Nasional  yang sekaligus juga Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur DR.N.Faqih Syarif H, M.Si

Dalam paparan materinya beliau menjelaskan akan pentingnya Meningkatkan Kompetensi diri. Meningkatkan kompetensi diri meliputi tiga hal yang saling terkait satu sama lain yakni: 1. Meningkatkan Pengetahuan-pengetahuan baru dan terupdate.2. Meningkatkan Skills  yang dibutuhkan saat ini. 3. Membangun integritas dan karakter baik dan unggul.

Sobat. Salah satu sikap pemenang yang terpenting adalah disiplin. Tidak ada disiplin tanpa komitmen. Tanpa komitmen tidak akan ada konsistensi. Disiplin  yang terbaik adalah  disiplin yang diterapkan  setiap hari. Bentuk nyatanya  adalah melakukan  yang  alam terbaik berdasarkan apa yang harus kita lakukan setiap hari, tidak peduli kita menyukainya atau tidak. Rasanya sobat, jika kita senantiasa konsisten menerapkan disiplin harian, kita bisa  meraih banyak hal dan meminimalkan berbagai penyesalan yang tidak perlu di hari tua nanti. Oleh karena itu, disiplinkan diri kita  untuk senantiasa mau melakukan yang terbaik setiap hari!

Sobat. Sikap  berpengaruh  besar bagi  kesuksesan  dan  kemampuan anda  untuk mendapatkan apa yang anda  inginkan. Seperti yang mungkin anda sadari, sikap dapat berubah dengan cepat. Bahkan, sikap sehari-hari anda sangat diuji. Satu hari kepercayaan diri bisa  menjadi begitu kuat dan positif, namun hari berikutnya bisa hancur berantakan. Berikut tips atau  strategi  bagaimana terus membangun percaya diri :

  1. Ingatkan diri anda setiap hari  bahwa anda telah  melakukan beberapa hal dengan baik. Fokuslah pada keberhasilan-keberhasilan Anda. Jangan meremehkan hal ini. Berbicaralah dalam batin dengan diri anda sendiri di awal dan penghujung hari. Bimbinglah diri anda, seperti bagaimana  anda membantu orang lain untuk mengatasi tantangan.
  2. Biografi dan  autobografi yang inspiratif. Bacalah buku, artikel, dan majalah-majalah yang penuh inspiratif. Unduhlah film-film dokumenter. Ebook, audio, dan video yang paling menginspirasi anda. Cari tahu tentang orang-orang  yang  bermula dari tidak memiliki apa-apa, yang menghadapi tantangan sangat sulit, namun masih menemukan cara untuk menang. Ingat, kapasitas anda jauh melebihi performa anda saat inio. Hidup tanpa tantangan adalah sebuah ilusi.
  3. Bersyukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki oleh Tuhan bagi kita semua umat-umatNya. Jangan pernah berpikir bahwa kita adalah manusia paling atas paling bawah. Karena selama ada langit diatas langit dan ada tanah didalam tanah. Dimanapun posisi kita, bagaimanapun keadaan kita. Maka sudah sepatutnya kita mengucapkan syukur kita kepada Tuhan. Bahwa kehidupan ini adalah milikNya dan kita akan berserah kepadaNya.

Di zaman sekarang ini, betapa banyak orang merefleksikan rasa bersyukur, namun dengan cara-cara yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syukur itu sendiri. Untuk itu, para ulama telah menggariskan tata cara bersyukur yang benar, yakni dengan cara beribadah dan memupuk ketaatan kepada Allah swt dan meninggalkan maksiat.

  1. Bangun dukungan sempurna di sekitar anda. Kebahagiaan sesungguhnya dalam hidup adalah menghabiskan waktu bersama orang-orang yang selalu menginspirasi, memelihara, dan melengkapi jiwa anda.
  2. Dorong diri Anda untuk meraih tujuan-tujuan jangka pendek. Ketika Anda memiliki tujuan dengan batas waktu, peluang untuk mencapainya meningkat secara drastis. Tujuan jangka pendek mungkin merupakan langkah pertama dari perjalanan yang mengarah ke perjalanan yang lebih besar.
  3. Lakukan sesuatu yang baik untuk diri anda setiap minggu. Carilah cara  untuk merayakan  pencapaian mingguan anda.Jalan menuju  kepercayaan diri  tersusun dari keberhasilan mingguan. Belajarlah menghargai keberhasilan kecil itu.

Sebagai penutup dari artikel singkat ini  saya kemukakan pesan A. Edison :

“ Ada sebuah cara untuk melakukan lebih baik- temukanlah!”

Thomas Alfa Edison merupakan seorang ahli dan penemu yang memiliki otak cemerlang. Namun ia juga terkenal akan sifat pantang menyerahnya. Di mana ia mengalami kegagalan hingga ratusan kali, namun tidak patah semangat dan akhirnya mendapatkan hasil yang bisa dinikmati hingga  saat ini oleh masyarakat. Sama halnya dengan Alfa Edison dalam menemukan lampu, jangan menyerah akan masalah di kehidupan Anda.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H,M.Si.  Penulis Buku Gizi Spiritual. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here