Coach DR Nasrul Syarif M.Si memberikan Coaching dengan Klien dari Paiton

Mengenal  lebih  dekat  Dunia Coaching

Sobat. Tidak ada seorang pun yang dilahirkan ke dunia ini dalam  kondisi  sempurna  100%. Pasti dirinya terdapat kekurangan dan kelebihan. Setiap manusia yang lahir ke muka bumi  selalu membawa  dua hal yang alih-alih dipertentangkan, tetapi justru saling melengkapi , yakni kelebihan dan kekurangan.

Sobat. Kelebihan dan kekurangan adalah sunatullah. Tidak ada alasan bagi kita untuk  menyombongkan  diri  karena  kelebihan  yang kita miliki. Kar dankreat ena pada hakikatnya, semua itu milik Allah.Pun sebaliknya, tidak ada dalih bagi kita untuk  merasa rendah  diri atau  minder  karena kekurangan yang kita miliki. Karena tidaklah Allah menciptakan sesuatu itu sia-sia. Semua pasti ada hikmahnya. Fokuslah  pada kelebihan yang kita punya maka kita akan menjadi orang yang di atas rata-rata.

Sobat. Untuk membantu dan menemukan talenta dan potensi diri kita saya mengenalkan dunia coaching kepada Anda. Apa Itu Coaching ? Coaching  sebagai bentuk kemitraan  bersama klien atau coachee  untuk memaksimalkan  potensi  pribadi  dan  professional yang dimilikinya  melalui proses   yang menstimulasi dan  mengeksplorasi  pemikiran  dan  proses  kreatif.

Sobat. Ada beberapa  istilah dalam dunia peningkatan dan pemberdayaan SDM  kita  mengenal coaching, mentoring, counseling, consulting, training dan briefing. Aktivitas tersebut  sekaligus  merupakan  alat  untuk menolong klien-klien  agar hidupnya mampu  mencapai  tujuan  dengan  efektif. Kalau koneseling  berfungsi  untuk  penyembuhan/pemulihan ( terapi ). Kelima alat yang lainnya berguna untuk pengembangan ( development ).

Mentoring  adalah bimbingan dari seorang  yang  sudah sangat menguasai hal-hal tertentu dan membagikan ilmunya  kepada orang lain  yang membutuhkannya. Counseling  adalah upaya bantuan  yang  diberikan seorang pembimbing yang terlatih dan berpengalaman  terhadap  individu-individu yang membutuhkannya, agar individu  tersebut  berkembang potensinya secara optimal, mampu mengatasi masalahnya, dan mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan  yang selalu berubah.

Sobat. Adapun  konsultasi  adalah  layanan  berupa nasihat-nasihat, tips-tips, dan metode-metode  yang secara langsung  diberikan kepada klien. Training  adalah pelatihan dalam rangka memberikan knowledge, skill dan attitude  mengenai hal-hal  tertentu  yang  dibawakan oleh  seorang trainer  yang menguasai materi  tersebut. Adapun briefing  adalah  proses  membahas sesuatu  yang ada di depan yang belum terjadi memberikan arahan atau panduan supaya apa yang akan dikerjakan bisa dilakukan secara efektif dan produktif.

Sobat. Coaching adalah  upaya  pemberdayaan – pendampingan  secara tidak langsung  kepada coachee dan memimpinya dari belakang. Coaching membantu seseorang untuk menemukan jati dirinya melalui self discovery. Coaching  berorientasi ke depan ; bagaimana  seseorang dibimbing, diarahkan dan diajarkan demi pengembangan dirinya.

Sobat. Keunikan coaching terletak  dari  pendekatan  dan caranya dalam memberikan pemberdayaan  terhadap coachee  supaya klien menemukan jawaban dari apa yang dia  temukan sendiri ( self discovery ), tidak digurui, tidak disodori solusi dan nasihat  dengan cara teknik pendampingan yang unik. Pengalama  seorang coach akan banyak menentukan efektivitasnya  dalam melakukan coaching seseorang.

Sobat. Syarat utama sebagai seorang  coach  adalah layak dipercaya. Berikut ini kompetensi dan  karakter yang harus dimiliki oleh seorang coach. Kami singkat dengan TRUST.

  1. Truthfulness. Jujur adalah hal yang penting dalam filosofi coaching. Jujur adalah mengkomunikasikan hal-hal yang benar dan akurat melalui kehidupan  dan perkataan. Keberanian  untuk  mengatakan yang sesungguhnya. Mengungkapkan segala sesuatunya  dengan  ketulusan hati. Menghargai  kehidupan  setiap  orang dalam jalannya. Kesetiaan atau konsisten dalam kehidupan. Menghargai untuk tidak memiliki prasangka.
  2. Responsiblity. Tanggung jawab adalah mengetahui dan melakunan apa yang Tuhan dan orang lain harapkan dari dirinya. Berpikir  sebelum bertindak. Menpati janji, tidak mencari-cari  alasan atau tidak  menyalahkan  orang  lain, melakukan segala  sesuatu dengan  sebaik-baiknya, menerima akibat  dari  pilihan  yang dibuatnya, berani memperbaiki kesalahan.
  3. Uniqueness. Setiap orang berbeda dan punya keunikan, masing-masing  diperlengkapi pula dengan karunia yang berbeda-beda. Menghargai perbedaan, bahwa  setiap orang itu unik dan memiliki perbedaan. Menghargai cara hidup, gaya hidup, dan proses pembelajarannya. Memahami setiap individu tanpa prasangka.
  4. Self Control. Pengendalian diri sejati bersedia untuk melepas yang kecil untuk mendapat yang besar, masa sekarang demi masa depan, yang materi demi yang rohani, dan itulah yang membuat iman menjadi mungkin. Mampu menjadi pendengar yang baik, merespons dengan kata-kata proaktif, memberi pengakuan atau penghargaan, memiliki kesabaran dalam berkata dan bertindak.
  5. Timeliness. Penjadwalan sesuai  rencana, memperhatikan momentum, memperhatikan  batas  waktu, dan menghargai  waktu.

Sobat.  Seorang  coach  dapat  dipercaya  apabila  memiliki kompetensi  dan  karakter  yang di dalamnya  ada  kapasitas, hasil, integritas dan maksud  yang  baik.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

( DR. Nasrul Syarif M.Si. CEO  Educoach. Dosen Pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo Kediri. Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here