Monday, May 10, 2021
HomeGAYA HIDUPWISATAMengoptimalkan Teknologi, Dorong Pertumbuhan Sektor Industri Pariwisata

Mengoptimalkan Teknologi, Dorong Pertumbuhan Sektor Industri Pariwisata

Bangga Indonesia, Jakarta – Pariwisata jadi salah satu sektor yang terpuruk akibat pandemi COVID-19. Hingga saat ini, pertumbuhannya masih bergantung pada kunjungan penduduk dalam negeri.

Untuk mendukung geliat pertumbuhan pariwisata di masa pandemi, sejumlah pelaku bisnis mengoptimalkan teknologi agar dapat saling bersinergi dalam menggerakkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dalam Webinar bertajuk Forum Grup Discussion (FGD): Scaling Up Indonesia Creative Industry & Tourism To Global Scale During Pandemic Covid-19, Diatama Communication, memperkenalkan program Pesona Jelajah Nusantara.

Retri Maya, selaku perwakilan Diatama Comm, menjelaskan bahwa program tersebut bertujuan untuk memperkuat strategi pariwisata karena program yang menggabungkan olahraga, petualangan, dan edukasi.

Pemaparan Retri Maya tentang Jelajah Nusantara.

“Melalui support IT digital yang optimal, setiap kegiatan olahraga, petualangan, dan edukasi disatukan dalam mobile app dalam menjalankan kegiatannya. Sehingga, setiap spot data digital disetiap lokasi yang diselenggarakan dalam setiap program, dapat membantu pelaku pariwisata sebagai bahan promosi,” jelas Retri, dalam penjelasannya sebagai pembicara ketiga webinar pada (19/4).

Dalam presentasinya, Retri juga menjelaskan lebih lanjut tentang program yang diperkenalkan, dikemas dalam bentuk permainan. Sehingga, peserta dituntut untuk mengikuti rules of game dari aplikasi program Pesona Jelajah Nusantara.

Jaga Diri, Jaga Usaha

Jika Diatama Communication menawarkan program yang dapat memberikan spot data digital bagi promosi usaha, Mila Excellent Coverage memperkenalkan program Covid-19 Protection Plan for Hotel & Restaurant.

Program yang diperkenalkan, menggabungkan program sehat Mila dalam satu aplikasi yang dapat dilihat oleh setiap tamu hotel yang menginap. Sedangkan bagi restaurant yang bekerja sama, akan mendapatkan jatah iklan di dalam aplikasi yang ada disetiap tamu hotel yang menginap.

Menurut Adithya Sunario, perwakilan Mila Excellent Coverage, produknya tak hanya mengkover biaya penginapan, makan, obat-obatan maupun bantuan medis selama 14 hari karantina bagi tamu yang terkena Covid-19.

“Kami juga berkomitmen peduli pada tamu non-covid yang kehilangan barang, pembatalan perjalanan, dan penundaan jadwal pesawat. Semua bisa kami kover biayanya,” ungkapnya dalam forum diskusi webinar yang sama.

Melalui pemanfaatan aplikasi, setiap tamu hotel yang menginap dapat mendaftarkan diri pada program sehat mila yang tergabung dalam satu aplikasi Mila dan mendapatkan sejumlah keuntungan tersebut.

Aplikasi Mila dapat memberikan keuntungan bagi pihak hotel berupa sarana informasi kepada masyarakat, bahwa hotel tersebut memiliki kepedulian terhadap perlindungan tamu hotel. Sedangkan dari segi restaurant and café insurance, produk Mila dapat membantu pemilik usaha dalam mengkover biaya kerugian akibat dampak pandemi Covid-19.

Diselenggarakan secara streaming melalui zoom dan Youtube INAmikro, webinar yang berlangsung selama satu jam ini juga menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, serta pembicara lain, yaitu Batara Sihombing selaku pimpinan Cipta Olah Persada, Heru Kustriyadi dari Inkubator Bisnis Manunggal, dan CEO INAmikro

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

Siti Chomaria Turmudzi on Bagaimana Cara Berpikir Positif?
Siti Chomaria Turmudzi on Dapatkan Rahmat Allah Yang Khusus!
Puspita Indah Kurniasari on Sudahkah Kita Menjadi Guru Inspiratif?