Sumber gambar google
- Advertisement

Nikmati kekuatan Syukur

Sobat.  “ Allah mengaitkan syukur  dengan keimanan. Dikatakan bahwa Allah  tidak bermaksud mengazab seorang hamba  selama  mereka bersyukur pada-Nya. Allah SWT  berfirman, Allah tidak akan mengazab  kalian jika kalian bersyukur dan beriman. Sungguh Allah Maha bersyukur lagi Maha Mengetahui. “  Demikian penjelasan Ibnu Qayyim.

Sobat. Kenapa kita mesti bersyukur?  Kita  senantiasa  mencari harta  dan  kekuatan  yang  banyak, baik dalam hal  kesehatan, agama, keluarga, dan tambahan rezeki. Karena itu, Imam Ali bin Abi Thalib  berkata  bahwa  nikmat itu dapat dicapai  dengan syukur, sementara  syukur  berkaitan  dengan tambahan, keduanya saling terikat  dalam  satu kurun waktu. Tambahan dari Allah tidak akan pernah putus  sampai  rasa  syukur  itu terputus darimu.

Sobat.  Para ulama  melakukan  beberapa percobaan  untuk mempelajari  dampak syukur  terhadap energy dan imunitas  tubuh, serta kerja detail  di dalam  otak  yang terselubung. Mereka menemukan  bahwa  syukur  itu  memberi pengaruh  pada kekuatan energy positif  yang dapat membantu seseorang  untuk  lebih kreatif  dan  lebih mahir  secara teknis  dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan baru.  Sebagaimana  penelitian lainnya  menyebutkan  bahwa  berbuat baik pada  orang lain, penuh syukur dan senantiasa merasakan nikmat  Allah, mak  akan  menambah  imunitas  dan  antibody  pada  tubuh.

Sobat. Seorang Dr. Robert Emon dan sekelompok peneliti di Universitas California  melakukan  penelitian  mengenai  manfaat  kesehatan  bagi yang  bersyukur. Hasilnya , bahwa  syukur  itu memberi pengaruh pada  kebahagiaan  dan  keberlangsungan  kondisi  psikologis, lebih utamanya  bagi kesehatan psikis  dan jasmaniah. Para Mahasiswa  yang melakukan syukur  terlihat  lebih berdaya guna , lebih menikmati  kehidupan mereka. Dan  antibody  mereka  lebih utama  dibanding  penyakit, bahkan  tingkat tidur  mereka lebih baik.

Sobat.  Sikap syukur  punya kekuatan  besar  yang muncul  berapa saat setelah  mempraktikkannya.  Orang  kreatif  adalah  orang  yang pandai bersyukur  pada  orang lain sambal menyebutkan kebaikan-kebaikan  mereka  dengan berbagai  cara. Raihlah manfaat dari  perbuatan ini. Selanjutnya, perbanyaklah  dalam  melakukannya, ambil manfaatnya, niscaya kalian akan menikmati hasilnya.

Sobat. Sekarang tiba giliran untuk bersyukur  dan melakukan kebaikan. Ketika  kau  bersyukur  pada  manusia  dan bersyukur  pada Allah  maka akan muncul  pada  pikiran  bawah  sadarmu  informasi-informasi baru  yang  mendorongmu  untuk  melakukan  perbuatan positif  yang  lebih  banyak lagi. Sebab, kau yakin bahwa  orang lain akan menghargai pekerjaanmu, memperhatikannya,  kemudian  berterima kasih. Hal ini diantaranya  yang akan mendorongmu  untuk  terus  melakukan  perbuatan positif.

Sobat.  Syukur  merupakan  pembangkit  medan magnet  yang paling dahsyat, karena  syukur  bermakna “ kelimpahan  atau  keberkahan yang senantiasa  bertambah.” Bukankah Allah SWT  berjanji di dalam Al-Quran : “ Sesungguhnya jika kamu  bersyukur, niscaya  Aku  akan menambah (nikmat) kepadamu.” ( QS. Ibrahim (14) :7 ).

Sekiranya   ada  satu  yang  bisa  mewakili  seluruh ucapan  atas  kenikmatan  dan  kelimpahan  nikmat yang kita dapatkan dari Tuhan, maka kata itu adalah  syukur.

Sobat. Syukur  adalah  kalimat  teragung  sepanjang masa. Syukur  adalah  kunci  kebahagiaan tiada batas. Syukur adalah  magnet rezeki Ilahi  yang membuat  hidup Anda  makin berkelimpahan.  Rasa  kebahagiaan itu  bukanlah  terletak  pada  seberapa  banyaknya  nilai kuantitasnya, namun seberapa besar  nikmat  yang dirasakan  dan  seberapa  banyak  rasa syukur yang diucapkan. Di sinilah  letak  keberkahannya.

Sobat.  Syukur  adalah  ilmu tingkat tinggi, karena latihannya  harus  setiap  saat  dan belajarnya  harus seumur hidup. Bila  seseorang  sudah  memiliki “ mantra syukur”, maka ia mampu mencitakan mampu  berbagai  macam keajaiban  dan  selalu  menjadikan dirinya  sebagai  magnet  rezeki  yang menarik  berbagai  macam  kelimpahan  bagi dirinya  dan orang-orang lain di sekitarnya.

Sobat. Ucapkanlah setiap pagi dan menjelang tidur  dengan penuh keyakinan, lalu rasakan manfaat dan sensasinya, Pejamkan mata Anda, ambil nafas dalam-dalam  keluarkan perlahan-lahan sambal mengucapkan Alhamdulillah Ya Allah …………3kali,kemudian  ucapkan Alhamdulillah  ala  kulli hal

“ Alhamdulillah  Ya Allah aku bersyukur atas segala  kelimpahan dan kenikmatan  yang telah Engkau karuniakan kepada kami!”   Jalani  hidup ini  dengan  penuh kesyukuran ! Niscaya Anda akan hidup  dalam kelimpahan  dan  keberkahan! Tidak  ada  kata  paling  indah  dan paling dahsyat  kekuatannya, melainkan kata Syukur!”

Sobat. Bila anda  sudah  mendapatkan keajaiban syukur, maka  anda adalah orang yang  paling beruntung di dunia, karena Anda telah  mampu menarik  segala kelimpahan rezeki. Alhamdulillah Ya Allah………………

( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si.  Penulis Buku Gizi Spiritual,Pengasuh Kelas Menulis Online 90 Hari Menulis Buku. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )

#90HariMenulisBuku

#Ramadhan Mubarak

#InspirasiIndonesiaMenulis

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here