DR. N.Faqih Syarif M.Si Memberikan Motivasi Santri Tahfidz Ngoro saat mereka lakukan Mabit di Pesantren TEJ Ummul Quro

Bangga Indonesia, Surabaya – Sabtu pagi jam 07.00 kami  bersama  keluarga menuju Pesantren TEJ – Tahfidz  Entrepeneur dan  Jurnalistik  Ummul Quro Trawas. Sekitar jam 08.30  udah tiba di lokasi.

Kami  mengajak Cak Basuki  tetangga  rumah  untuk  membantu  kerja bakti  membersihkan  rumput dan tanaman liar di pekarangan pondok  yang dekat aliran sungai jolotundo trawas. Pekarangan  yang  kita buat teras siring  dan berundak serta berlapis  membuat  pemandangan  sekitar pondok seperti persawahan  teras siring  ala ubud  Bali  namun nyatanya di  seloliman trawas.

“ Ziya  ini salah satu  tanda di alam semesta  buat Abi dan keluarga kita.”  Kata saya  kepada sibungsu Ziya. Apa maksudnya tanda  di Alam   semesta bi.” Lanjut Ziya.Almarhum Bundanya Abi atau neneknya Ziya pernah  berpesan kepada Abi, “ lhe Buatlah Tanda di Alam Semesta.” Artinya  Buatlah  prestasi apa pun  atau  karya  apa  pun  yang  membuat Allah ridho, mencintai kita serta layak menolong kita. Dan  kedua  orang tua kita  bangga  punya  anak  seperti kita.

Nak. Pesantren TEJ  Ummul Quro adalah salah  satu  tanda  di alam semesta bagi  Abi, karena ini Insya Allah  akan  membuat  Allah ridho dan layak menolong kita. Hal ini kita dedikasikan  untuk hidmat dalam  menelorkan  kader-kader dakwah Islam  yang  hafidz , menguasai dunia kepenulisan  dan memiliki karakter pengusaha muslim laksana Abdurahman bin Auf.

“ Apa  yang kita tanam hari ini berupa bibit buah Matoa, buah jambu biji, buah Sirsat, buah mangga, dan  buah Nangka  5 sd 10 tahun tanaman-tanaman  itu akan  menghasilkan buah-buah  yang segar dan  menyehatkan bagi para santri dan generasi masa depan. Sekalipun belum tentu Abi masih hidup.

Inilah tabungan kebaikan  dan tanda di alam semesta. Sama dengan pembangunan, rintisan awal dan pengembangan Pesantren TEJ  Ummul Quro juga  salah satu tanda di alam semesta bagi para pendirinya, para ustad, santri dan wali santri serta para donatur  yang dermawan yang mendukungnya.” Penjelasan saya kepada si bungsu Ziya.

 

Sobat. Apa Keunggulan Kurikulum Pendidikan Pesantren TEJ  Ummul Quro?

  • Kurikulum Pendidikan yang memakai pendekatan Qur’ani, yang telah paten dan teruji dalam membangun peradaban madani,  yang akan membantu perkembangan setiap potensi,  inovasi,  dan kreatifitas para santri dalam membangun kesuksesan dunia akhiratnya.
  • Kurikulum Pendidikan  yang berbasis 4 Sifat atau Karakter Unggulan Rasulullah SAWsebagai landasan dan spirit utama dalam membentuk karakter mulia peserta didik
  • Kurikulum Pendidikan  yang memanfaatkan media Informasi Teknologi (IT) terkini sebagai alat bantu  dalam mengefektifkan proses belajar mengajar.
  • Kurikulum Pendidikan yang berbasis pada bakat dan minat anak. Istana Mulia meyakini bahwa semua anak adalah bintang, yang memiliki potensi istimewa yang berbeda-beda, maka Pesantren Bisnis adalah pesantren yang bebas, yakni bebas berekspresi, bebas menyalurkan bakat, bebas berinovasi dan berkreasi.
  • Kurikulum Pendidikan mengarah pada metode pembelajaran bertaraf internasional,  infrastruktur pendidikan canggih,  serta atmosfer belajar nyaman dan Islami ditengah keharmonisan multi budaya siswanya yang datang dari berbagai daerah Indonesia.
  • Kurikulum Pendidikan  yang menjadikan Alam Semesta sebagai sarana belajarnya. Kurikulum Pendidikan  yang menjalankan dan mengoptimalkan fungsi Alam Semesta sebagai ruang belajar, Alam sebagai media dan bahan ajar dan Alam sebagai objek pembelajaran yang paling unik dan menarik. Belajar dari semua makhluk yang telah Allah ciptakan dengan segala keunikan dan kelebihanya. Anak dibebaskan menjadi diri mereka, dan mengembangkan potensi diri untuk tumbuh menjadi manusia yang berkarakter, berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan dan siap menjadi pemimpin dan pebisnis sesuai hakikat menciptakan manusia untuk menjadi pemimpin di muka bumi (khalifatu fil ardh).
  • Kurikulum Pendidikan  yang  Berbasis ada Keunikan dan Potensi Siswa. Istana Mulia sangat meyakini dan akan berusaha membuktikan bahwa semua anak adalah BINTANG, yang berhak menjadi juara dan jawara sejati yang sesungguhnya.  Semua anak adalah berprestasi, semua anak adalah unggulan, semua anak adalah istimewa, semua anak adalah unik dan menarik, semua anak adalah memiliki saham kebaikan, potensi dan bakat yang sangat luar biasa
  • Kurikulum Pendidikan  yang  didukung lingkungan yang asri, indah, dan nyaman untuk mengoptimalkan talenta dan keunikan anak sesuai dengan minat dan bakatnya masing masing anak.
  • Kurikulum Pendidikan  yang  Ruang Kebebasan berimajinasi, berinovasi, bereksplorasi, bereksperimen dan berekspresi tanpa dibatasi sekat-sekat dinding kelas dan dibiarkan akrab dengan alam lingkungan mereka
  • Kurikulum Pendidikan  yang  Kebebasan dari tekanan ‘mengejar’ nilai dan rangking, tapi mendorong santri untuk menumbuhkan tradisi ilmiah. Prestasi tidak dilihat dalam perbandingan dengan anak lain, tapi dari upaya mereka mengikuti proses belajar dengan baik. Belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan. Belajar jadi kebutuhan dan dirindukan. Sekolah tidak dijadikan penjara yang seakan mulia tapi prakteknya sangat membosankan dan dibenci anak.
  • Kurikulum Pendidikan  yang dinamis dan produktif, karena manajemen akan terus berinovasi dan berkreasi, khususnya dalam memadukan Kurikulum Unggulan Pendidikan Republik Indonesia, Kurikulum Pesantren Unggulan Nasional, dan Kurikulum Sekolah Unggulan Internasional,  yang selanjutnya kita sebut sebagai Kurikulum Pendidikan TEJ Ummul Qura.

Sobat.  Dan   Apa Materi Pokok Pendidikan di pesantren TEJ  Ummul Qura ?

  1. Revolusi Mental dan Spiritual

Metode Utama : Hafalan Al-Qur’an dan Hadits, Kajian, Keteladanan dan Pembinaan

  1. Bisnis ((Entrepreneur )

Metode Utama : Mentoring, In House Training, On Job Training dan Seminar

  1. Kepemimpinan (Leadership)

Metode Utama : Dynamic group, BEST dan Outbound, Training

  1. Dunia  Kepenulisan  dan Jurnalistik.

Metode utama :Active Learning, Learning by doing, Praktek langsung di Lab. Kepenulisan dan Jurnalistik

  1. Akademik (Membaca, Menulis, Berhitung, UN)

Metode Utama : Active Learning, Outting, Try Out, Diskusi dan Debat

  1. Life Skill – Talenta

Metode Utama : Active Learning, Dynamic group, dan Outbound, Training

  1. Informasi Teknologi

Metode Utama : Active Learning, Dynamic group, dan Outbound, Training

Apa Motto pesantren TEJ  Ummul Quro  ?

Mencetak Entrepreneur, penulis dan jurnalis  yang  hebat  dan Qur’ani.” 

Inilah Tanda  di Alam Semesta yang kami siapkan  untuk mengantarkan  dan  membentuk Generasi Masa Depan Islam yang tangguh, unggul, berdaya saing tinggi,peduli Islam dan Umat Islam serta berakhlak mulia. Semoga  Allah  memudahkan  segala urusan kita, Allah  memberi kelimpahan rezeki dan keberkahan  pada kita semua.

Silahkan Daftarkan Anak Anda dan Saudara Anda ke Pesantren TEJ  Ummul Quro Seloliman Trawas. Kuota hanya 20 Santri kontak di wa.me/6281332061392

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here