Salah satu buah Surga adalah buah Tin

Salah  satu buah Surga adalah buah Tin

Sobat. Rasulullah Saw  bersabda, “ Makanlah  buah tin. Jika aku berkata sesungguhnya ada  buah  yang diturunkan dari Surga, pastilah aku akan mengatakan itu buah Tin. Ia menyembuhkan  bawasir  dan bermanfaat  bagi pegal-pegal.” ( HR. Abu Na’im )

Sobat. Buah  tin  adalah  buah  yang diberkahi yang Allah  sebutkan  dalam Al-Qur’an  dan  Allah bersumpah dengannya.  “ Demi  buah Tin, buah zaitu, bukit Sinai…” ( QS at-Tin : 1-2 ).  Buah  Tin  sangatlah bersejarah  dan  punya  hubungan  dengan  kisah Keimanan di masa lalu. Orang-orang Phoenixlah  yang  memperkenalkan buah itu  dan  telah mengkonsumsinya  sebagai  makanan  maupun obat. Mereka  telah membuat  ramuan  masker  wajah  dari buah itu  untuk  mengobati jerawat. Para raja Mesir ( Firaun ) pun  menggunakan  sebagai  obat penyakit perut.

Ibnu Sina  mengaskan  bahwa  buah Tin  bermanfaat  bagi wanita hamil  dan  menyusui. Ar-Razi berpendapat, buah Tin  dapat menurunkan  kadar asam  dalam tubuh meredam pengaruhnya yang kurang baik  bagi tubuh. Al Muwaffiq al-Baghdadi mengatakan, buah Tin  banyak mengandung zat makanan lebih dari buah-buah lainnya, menghilangkan dahaga, berguna bagi batuk menahun, dan melancarkan air seni. Mengunyah buah tin  dengan baik di mulut dapat membantu  memperbaiki saluran pencernaan makanan di tubuh.

Sobat. Sains Modern ilmu Farmasi  menggali manfaat buah Tin  dalam kajian  tentang gizi makanan dan mengungkap  lebih jaun berbagai manfaat  serta menggunakannya secara lebih luas. Buah Tin  dianggap buah yang paling kaya akan kandungan  vitamin, khususnya  vitamin A, B1,B2, dan C serta karotin  sebagai unsur penting vitamin A. Selain itu  buah ini juga mengandung zat-zat  mineral  dalam  jumlah besar, khususnya zat besi, kalsium dan kuningan yang dibutuhkan dalam pembentukan sel tubuh dan pigmen yang berguna  bagi penderita  anemia.

Sobat. Ibnu Al-Qayyim  menyatakan, buah Tin  terbaik adalah  yang kulitnya berwarna putih. Ia berkhasiat  meluruhkan batu ginjal dan  menetralkan racun. Ia  buah paling bergizi diantara semua  buah-buahan. “ Buah Tin dapat melegakan tenggorokan dan saluran  pernafasan, membersihkan liver dan limpa serta  membersihkan lender di dalam perut. Buah Tin yang kering  dapat dimakan  dan  berguna  bagi  kesehatan  saraf.” Demikian penjelasan Ibnu Al-Qayyim.

Sobat. Buah Tin  berkhasiat  untuk mencegah  dan mengobati gejala  penurunan stamina dan osteoporosis  karena  banyak  mengandung kalsium dan fosfor. Buah Tin dapat menlancarkan air seni, meluruhkan  batu ginjal dan  membersihkan kandung kemih.  Rebusan  daun Tin  berguna  untuk meredakan batuk, meredam rasa  nyeri  haid  dengan cara diminumkan langsung pada saat nyeri terjadi untuk meluruhkan darah haid, dan sebagai obat kumur  untuk meredam radang gusi. Buah Tin dapat mencegah gangguan pada jantung dan pusing-pusing  serta  mengendurkan  otot-otot karena mengandung  magnesium.

Sobat. Buah Tin juga  memiliki kandungan gula  yang cukup tinggi yakni sekitar 18-30% , tergantung pada kadar kekeringan ataupun kelembapannya. Kandungan nitrogen buah Tin  berkisar  antara 51% dan kandungan lemaknya berkisar antara 0,1-20%.  Buah Tin  basah  dalam jumlah 100 gram  dapat menyuplai  70 satuan kalori, dan buah Tin kering bisa menyumbang 268 satuan kalori. Oleh karena itu mengkonsumsi   buah Tin  dapat  meningkatkan daya tahan tubuh, terutama terhadap udara  dingin, serta mampu meningkatkan stamina dan vitalitas.  Ternyata  sains modern  semakin  membuktikan kebenaran  an-nubuwah dan Al-Qur’an.

( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si  Penulis Buku Gizi Spiritual )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here