Sabtu, 18 Mei 2024

Sensasi Klepon Miroso nan Legit dan Lumer

“Begitu dimakan, seketika rasa manis bercampur lumer dari kulit klepon meledak di mulut. Dipadu gurih dari rasa kelapa muda parut, membuat cemilan ini sangat enak.”

Bangga Indoensia, Kediri – Klepon adalah cemilan tradisional Indonesia yang termasuk dalam jajaran pasar. Makanan ini menjadi cemilan favorit sejak dahulu.

Penjual cemilan ini bisa ditemui di manapun. Misalnya pasar, toko kue, hingga dijajakan di tepi jalan.

Cemilan ini juga tidak lekang zaman, karena disukai kalangan tua maupun muda. Di Kabupaten Kediri, terdapat warung yang menjajakan klepon dan aneka jajan pasar lain seperti cenil dan lupis, yakni di Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Warung Klepon Miroso namanya. Tempat ini buka mulai pagi sampai sore hari.

Lokasinya memang agak jauh dari jalur utama atau sekitar 6-7 kilometer dari Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri. Kendati jauh dari jalan raya utama, tak menyurutkan pecinta aneka jajan untuk berburu cemilan legit nan lumer ini.

Di warung ini, klepon dibuat dari tepung beras ketan dicampur dengan perasan daun suji sebagai pewarna. Campuran itu lalu dibentuk menjadi bola-bola kecil, diisi dengan sejumput kecil serutan gula merah. Setelahnya, bola-bola itu dimasak di air mendidih hingga mengambang yang pertanda sudah matang.

Ciri khas klepon berbalur kelapa muda. Jenis kelapa muda dipilih karena rasanya yang cenderung manis. Klepon-klepon yang baru matang lalu ditaruh di atas kelapa yang sudah diparut terlebih dahulu. Klepon digulingkan dan siap disantap.

Selain klepon, cemilan cenil dan lupis juga menjadi jajan favorit. Lupis bahannya juga beras ketan. Berbentuk seperti lontong, cemilan ini dimasak di dalam air mendidih hingga beberapa jam agar ketan matang sempurna. Setelah itu ditiriskan.

Begitu juga dengan cenil. Bahannya didominasi tepung tapioka. Berbentuk dipilin memanjang, cemilan ini juga dibalur kelapa muda parut.

 

Cara menyajikan cemilan ini bisa satu paket yang terdiri dari klepon, cenil dan lupis. Namun, bisa juga sesuai permintaan dari pembeli apakah mau klepon saja atau jenis lainnya. Di taruh di atas piring kecil, aneka cemilan disajikan sesuai permintaan pembeli. Setelahnya dikucuri sirup dari gula kelapa. Tambah legit.

Sensasi makan klepon sangat disukai bagi penikmat cemilan ini. Begitu dimakan, seketika rasa manis bercampur lumer dari kulit klepon meledak di mulut. Dipadu gurih dari rasa kelapa muda parut, membuat cemilan ini sangat enak.

Mbah Rirani, penjual klepon mengatakan harga jual cemilan klepon juga terjangkau Rp4.000 per porsi. Pembelinya juga dari berbagai daerah di Kediri dan sekitarnya. Pembeli juga bisa memesan cemilan ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

“Pembelinya juga dari berbagai daerah. Usaha ini sudah lama sejak 1970. Setiap hari pembeli ramai, yang paling ramai akhir pekan dan hari libur,” kata Mbah Rirani.

Linda, salah seorang pembeli dari Blitar mengaku sangat suka cemilan ini. Ia juga sudah lama mencari warung ini, karena terkenal rasa cemilannya yang sangat enak.

“Rasanya legit sekali. Apalagi kleponnya, saya suka sekali,” kata Linda. (*)

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent News