Syawal adalah Bulan Peningkatan dan Berkarya

Syawal adalah Bulan Peningkatan dan Berkarya

Setiap kata ada cerita. Setiap Peristiwa ada hikmah. Setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Semangat adalah salah satu mesin terkuat kesuksesan. Ketika kau melakukan sesuatu. Lakukanlah sekuat tenaga. Curahkan seluruh jiwamu. Tandai dengan kepribadianmu sendiri. Jadilah aktif , jadilah energik, jadilah bersemangat dan setia, kau akan mencapai tujuanmu. Tidak ada hal besar yang dicapai tanpa semangat.

Sobat. Syawal adalah bulan peningkatan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Buah Ramadhan adalah ketaatan. Karena tujuan Ramadhan adalah menjadi insan yang bertakwa. Insan yang bertakwa adalah insan yang senantiasa dalam hidupnya berbuat kebajikan sebagai sarana pengabdian kepada Allah. Insan yang bermanfaat dan berkarya bagi sesama.

Sobat. Teruslah menjaga semangat hidup karena antusias adalah sesuatu dalam diri Anda yang terus-menerus memberikan semangat, focus, dan energy yang anda perlukan untuk sukses. Antusias adalah sarana efektif untuk sukses dank arena itu, layak terus anda pupuk.

Sobat. Antusias atau gairah membuat hari-hari Anda berlalu dengan cepat. Hal itu membantu Anda menyelesaikan lebih banyak dalam waktu yang lebih sedikit. Hal itu membantu anda mengambil keputusan yang lebih baik. Dan hal itu menarik orang lain kepada Anda. Mereka ingin dikaitkan dengan Anda dan kesuksesan anda.

Sobat. Bagaimana anda bisa mempertahankan gairah dan semangat setiap hari? Yang pasti Anda harus menggunakan lebih banyak waktu untuk melakukan apa yang anda sukai atau yang menjadi panggilan jiwa Anda. Hal itu mencakup menemukan tujuan sejati hidup Anda ( Visi Akherat dan Visi dunia yang selaras dan harmoni ). Memutuskan apa yang benar-benar ingin anda lakukan dan miliki, percaya Anda bisa melakukan dan memilikinya, dengan sengaja menciptakan karier impian Anda, mendelegasikan sebanyak mungkin yang bukan kegeniusan inti Anda kepada orang lain, dan mengambil langkah konkrit kea rah pencapaian tujuan Anda.

Sobat. Satu lagi kunci gairah dan semangat adalah menyatu kembali dengan tujuan awal Anda dalam melakukan apa pun yang anda lakukan. Anda akan menemukan bahwa semua yang terasa harus anda lakukan sebenarnya merupakan pilihan yang Anda ambil untuk tujuan yang lebih mulia. Dalam kondisi pandemi wabah covid 19 dimana kita harus stay at home hampir selama 2-3 bulan tidak bekerja, meratapi nasib dengan banyak berkeluh kesah atau berpikir kreatif dan terus berbuat untuk meraih tujuan luhur yang mulia membuat kita menemukan solusi misalnya dengan berbagi sesama apakah berbagi ilmu, tenaga bahkan harta demi tujuan luhur ternyata membuat Allah memberikan jalan keluar kepada kita dan rezeki yang datangnya tidak disangka-sangka.

Sebagaiman firman Allah dalam QS. Ath-Thalaq ayat 2 , “ Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah maka Dia akan memberikan jalan keluar dan rezeki yang datangnya tidak disangka-sangka. Dan Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka Dia akan mencukupi (keperluan)-nya.”

Sobat. Ketika mengungkapkan gairah dan semangat Anda, anda akan menjadi magnet bagi orang lain, yang akan tertarik pada tingkat energy Anda yang tinggi. Mereka akan ingin bermain dengan Anda, bekerja dengan Anda, dan mendukung impian serta tujuan Anda. Hasilnya, anda akan bisa menyelesaikan lebih banyak dalam waktu yang lebih sedikit.

Sobat. Tidak ada yang terjadi sampai anda bertindak. Jika kapalmu tidak berlabuh maka berenanglah dan hampirilah. Kesuksesan adalah 10 % ilham dan 90 % keringat. Tanpa berbuat imajinasi tiada berarti. Taka da orang yang pernah menjadi hebat atau baik kecuali melalui banyak kegagalan atau kesalahan besar. Kau tidak bisa menyeberangi lautan hanya dengan menatap airnya. Lakukan langkah pertama dengan penuh keyakinan. Kau tidak perlu melihat keseluruhan tangga. Lakukan saja langkah pertama.

Sobat. Berani berimpian, berani memulai, berani berproses, berani mengevaluasi diri, berani gagal maka pasti akan sampai dan berani sukses. Tetap semangat temukan panggilan jiwa Anda. Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas maka hasil akan memuaskan.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si penulis buku Gizi Spiritual, Pengasuh 90 Hari Menulis Buku. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here