Dr. N.Faqih Syarif H, M.Si. sang Spiritual Motivator
- Advertisement

Sobat. Hidup seringkali bukan hanya apa yang terjadi pada Anda. Tapi bagaimana Anda menyikapilah yang membuat perbedaan.

Sobat. Pagi tadi saya diminta memberikan materi motivasi etos kerja pada raker PLN Surabaya Barat. Di awal raker sang pimpinan mengajak dan meneriakan yel-yel pada anak buahnya. Salam PLN Surabaya Barat! Mereka serentak menjawab ,” Bekerja, Beribadah dan berbahagia !”

Sobat. Berangkat dari yel-yel itu saya memulai membahas akan pentingnya bekerja. Bekerjalah professional yang dilandasi oleh ibadah semata mencari ridho Allah maka kebahagiaan akan meliputi kita dunia dan akherat.

Sobat. Apa sih yang dimaksud bekerja secara professional? Dalam Bahasa spiritualitas Profesional itu meliputi ; kafaah ( expert – ahli di bidang yang mereka geluti dan tekuni ), memiliki himmah ( Etos kerja yang tinggi ) dan Amanah ( Terpercaya dan kredibel ). Maka kita dikatakan bekerja secara professional apabila memenuhi tiga hal di atas.

Bagaimana agar kita bisa menjadi expert maka teruslah kita meningkatkan valensi atau kompetensi kita. Peningkatan komptetensi meliputi tiga hal ; Teruslah belajar meningkatkan dan menambah pengetahuan di bidang yang kita tekuni, Tingkatkan skill atau keahlian dan teruslah bertumbuh dengan membangun karakter yang baik. Kalau kompetensi kita meningkat itu artinya level kita naik, kalua level naik maka yakinlah fasilitas akan mengikuti. Pepatah jawa mengatakan “ Kalau wadahmu makin luas, maka isi akan mengikuti wadah.”

Sobat. Setiap kita mengawali awal tahun lakukan “Shut Up” kemudian segera “ Move ON “. Shut Up itu adalah meluangkan waktu untuk berhenti dan memahami siapa kita, ke mana kita mengarah, dan apa yang kita perlukan atau tidak perlukan, untuk membawa kita ke sana. Sedangkan Move ON meminta Anda untuk melihat masa depan Anda, melihat kemungkinan-kemungkinan yang ada di depan kita dan tidak terjerembab dalam kondisi. Bagian ini adalah panggilan untuk bertindak, untuk melakukan sesuatu.

Sobat. Bagaimana kita bisa “Move ON” ? Maka kita harus memiliki dan menetapkan VisiON. Tulislah Visi Akherat Anda dan sesuaikan serta selaraskan visi dunia kepada visi akherat. Buatlah semacam resolusi tahun 2020 sehingga anda memiliki impian dan goal yang jelas.

Sobat. Langkah selanjutnya agar kita bisa Move ON maka kita harus ActiON. Action nya adalah Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas. Maka Insya Allah hasil akan memuaskan bagi sesama. Kerja ikhlas itu bukan tidak di gaji namun kerja yang professional yang dilandasi nilai ibadah dengan cara bekerja melibatkan Allah dalam setiap aktivitas kita sehingga ada nilai ruhiyah dalam setiap pekerjaan kita.

Sobat. Berikutnya adalah lakukan bekerja dengan dilandasi cinta itulah yang kita sebut PassiON. Bidang keahlian apa yang kita kuasai? Dan kalau kita melakukannya penuh enjoy dan happy, bahkan sampai lupa waktu dan kita tidak akan menyesal seumur hidup kita jika kita sudah lakukan. Maka kalau kita menemukan hal-hal tersebut maka ketemulah PassiON kita. Jika kita bekerja sesuai PassiON kita dan kita mau terus meningkatkan kompetensi kita. Insya Allah keberhasilan akan menghampiri kita.

Sobat. Agar hidup kita benar – benar MoveON maka tidak hanya menyalakan ON berupa VisiON, ActiON, dan PassiON akan tetapi juga membutuhkan CollaboratiON. Ada syarat agar CollaboratiON memiliki pengaruh yang kuat dalam keberhasilan dan keberkahan hidup kita; teruslah mengutamakan Allah dan Rasul-Nya , kemudian bergaullah dan bergurulah dengan orang yang memiliki valensi,kompetensi dan semangat yang di atas kita sehingga kita bisa ketularan jadi orang yang jauh lebih baik, bergabunglah dengan komunitas yang memiliki 3 kriteria yaitu ; positif, produktif dan punya kontributif pada sesama.

Sobat. Jika Anda sedang sedih , cobalah membuat orang lain gembira, dan lihat apa yang terjadi. Jika Anda merasa hampa dan tak genap, cobalah melakukan suatu pekerjaan yang bermakna dan bermanfaat, syaratnya adalah Anda melakukan pekerjaan ini dengan kecintaan dan antuasiasme. lalu lihat bagaimana perasaan Anda jadinya.

Sobat. Sebagai akhir catatan penulis hari ini. Ingatlah bahwa jembatan penghubung yang menghubungkan antara harapan dan kenyataan adalah Hasrat yang menyala-nyala, focus dan disiplin.

Teruslah menjadi penerang bagi negeri ini dan berkaryalah untuk bangsa. Bravo PLN !

( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H,M.Si Penulis buku-buku motivasi dan pengembangan diri. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here