Segera Daftarkan Diri Anda dan Ikuti Ngaji Jurnalistik kuota hanya 20 Orang.
Tips Singkat Mencari Tema Buku Best Seller
Sobat. Perhatikan terus tema-tema buku best seller. Cepat atau lambat, tema-tema seperti itulah yang akan terus muncul dan laris di pasaran. Tema boleh sama, tapi tunjukkan dan buktikan bahwa kita bisa menuliskannya secara lebih menarik dan berbobot. Mungkin tema serupa atau nyaris sama persis, tapi kata-kata kuncinya adalah : penambahan, pengayaan, dan penyempurnaan.

Sobat. Jangan pernah berpikir, kalau penulis lain sudah menulis suatu tema , maka tertutup pula kesempatan kita untuk menuliskan tema yang sama. Sama sekali jangan pernah berpikir demikian.

Sobat. Jangan pernah meremehkan potensi buku kumpulan tulisan. Mulailah dengan menginventarisasi topic-topik yang menarik untuk ditulis dalam tulisan-tulisan pendek. Itulah yang ditempuh Rhenald Kasali mengawali penyusunan buku dari kumpulan tulisan, sambil kemudian menggagas buku masterpiece berdasar pengalaman dan pengembangan tulisan-tulisan pendek sebelumnya.

Sobat. Bagi saya buku kumpulan tulisan sama berharganya dengan jenis buku yang lain. Dari segi teknik penulisan, bentuk buku seperti ini justru akan sangat membantu seorang penulis buku pemula.

Sobat. Pilihlah jenis buku how to jika Anda ingin membuat buku tentang profesi atau hobi. Seorang Rhenald Kasali saja mengakui lebih suka menulis buku How to ketimbang buku-buku teoritis yang berat. Mengapa? Alasannya karena buku-buku how to memang sangat dibutuhkan oleh pasar. Dan Rhenald memang mengaku menulis buku-bukunya berdasarkan masukan dari pasar. Terbukti buku-buku Rhenald pun disambut baik oleh pasar dan best seller.

Sobat. Selain buku how to , buku kumpulan tulisan juga cocok untuk menuliskan tema-tema pengalaman pribadi. Sifatnya mudah dikerjakan dan pas sekali untuk menulis refleksi-refleksi pribadi atau mengisahkan penggalan-dengan memilih buku-buku ringan dan popular seperti format fast book.

Sobat. Seminggu satu artikel pendek maka kurang lebih tiga bulan anda sudah punya sebuah naskah buku. Jika setiap hari anda menulis dua halaman saja maka dalam 90 Hari anda sudah punya naskah buku yang siap diterbitkan. Yuk Ikuti Kelas Menulis 90 Hari Menulis Buku  atau Ngaji Jurnalistik di Alam Bebas  kontak kami wa.me/6281330447814
Salam Literasi!
( Spiritual Motivator – DR.Nasrul Syarif M.Si. Penulis buku-buku best motivation Erlangga Jakarta. Direktur Pesantren TEJ – Tahfidz, Entrepreneur dan Jurnalistik Ummul Quro Seloliman Trawas. Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here