Yakin Kepada Diri Sendiri adalah sebuah Sikap.

Yakin kepada diri sendiri adalah sebuah Sikap.

Sobat.  Jika  ingin  sukses  dalam  menciptakan  kehidupan  impian Anda, Anda  harus  yakin  bahwa  Anda mampu  mewujudkannya. Anda  harus  yakin punya hal yang diperlukan, bahwa anda mampu melakukannya. Anda  harus yakin kepada diri sendiri. Keyakinan  mendalam  bahwa Anda punya apa  yang diperlukan – kemampuan, sumber daya batin, bakat, dan keterampilan untuk menciptakan hasil yang  Anda inginkan.

Sobat.  Kau  bukan sebuah  kebetulan. Kau tidak  diproduksi  secara massal . Kau  bukan  produk jalur rakitan. Kau sengaja  dirancang, khusus dikaruniai talenta, dan dengan penuh kasih di tempatkan di Bumi  oleh Sang Maha Pencipta dan Maha Guru.

Sobat. Dari ratusan orang super sukses di bidang keahlian apa pun di beberapa banyak buku dan hasil riset, hampir semuanya mengatakan, “ Saya  bukan  orang paling  berbakat di bidang saya, tapi saya memilih  untuk yakin  bahwa  semua mungkin. Saya belajar, berlatih, dan bekerja lebih keras dibanding yang lain, dan itulah cara  saya mencapai  posisi  saya  sekarang.”

Sobat. Jangan  buang waktu berpikir bahwa Anda tidak bisa. Kisah Catherine Lanigan telah menerbitkan 33 buku, termasuk Romancing the stone dan Jewel of the Nile, keduanya dibuat menjadi film yang sangat sukses  yang dibintangi oleh Michael Douglas dan Kathleen Turner.  Catherine pernah kehilangan  14  tahun yang seharusnya bisa menjadi karier menulis  yang  sangat   cemerlang  dan  menguntungkan  hanya  karena  ia  percaya pada apa yang dikatakan professor tamu Harvard saat dia kuliah jurnalisme, sang professor melempar naskah cerpennya sambal mengatakan bahwa ia tidak bisa menulis dan ptidak punya bakat.   Jangan pernah  biarkan orang lain  memberitahu anda apa yang anda  tidak bisa lakukan. Dengan latihan, keteguhan, dan  kerja keras, pad akhirnya anda  akan  bisa  melakukan  apa pun yang Anda inginkan.

Sobat. Ingatlah kepercayaan dan keyakinan Anda   suatu pilihan . Jadi  pilihlah untuk  percaya pada diri Anda  sendiri apa pun  yang  dikatakan  orang lain.  Salah  satu  alasan  yang paling sering  digunakan orang untuk  menghindari resiko  dalam  mengejar impian mereka adalah “ Aku terlalu tua. Sudah terlambat bagiku. Aku tidak memulainya dari dulu.  Ini  tidak benar. Coba pikirkan ini.

Sobat. Tidak pernah ada  kata terlambat ….Tak ada kata terlambat untuk memulai, tak  ada  kata  terlambat  untuk berbahagia. Elizabeth Jolley  menerbitkan  novel pertamanya di usia 56 Tahun. Dalam setahun saja ia menerima 39  Surat  penolakan,  tetapi akhirnya  ia  mempunyai 15 novel  dan 4 koleksi  cerpen yang diterbitkan dan sangat  sukses.

Sobat.Di tahun 2007, Nola Ochs yang berusi 95 Tahun  lulus dari Fort Hays State University di Kansas, dengan gelar sarjana di bidang sejarah, menjadikannya dia orang tertua  yang lulus dengan sarjana memecahkan rekor Guinness World Records. Tiga tahun kemudian Nola meneruskan pendidikannya dan menerima gelar magister, menjadikannya pula peraih gelar magister tertua di dunia pada usia 98 tahun. Di hari ulang tahunnya  yang ke-100, Nola mulai menulis buku pertamanya dengan judul Nola Remembers.

Sobat. Julia Child , salah  satu koki paling  terkenal  dalam sejarah, bahkan  belum belajar memasak  sampai  ia  berumur 40 tahun dan belum membuat  The French Chef, acara televisi  popular yang  membuatnya jadi  sangat terkenal, sampai ia berusia 51 tahun.

Sobat. Jangan beranggapan anda memerlukan  gelar sarjana untuk Sukses. Meskipun pendidikan  dan pengabdian pada pembelajaran seumur hidup  sangat penting bagi kesuksesan, gelar sarjana  bukanlah suatu keharusan. 20% jutawan Amerika tak pernah duduk di bangku kuliah namun mereka tidak pernah meninggalkan belajar di universitas kehidupan. Bill Gates  keluar dari Harvard  serta kemudian  mendirikan

Microsoft.  Dan saat ini ia dianggap Forbes  sebagai salah satu  orang  terkaya di dunia, dengan nilai bersih di atas $76 milyar. Mark Zuckenberg  berhenti  kuliah  dari Harvard  setelah  mendirikan facebook  dan  sekarang memiliki kekayaan bersih  $ 28 Milyar

Sobat. Pendapat  orang  lain  tentang Anda  bukan urusan anda. Kau harus  yakin kepada diri sendiri  ketika orang lain tidak yakin kepada dirimu. Itulah yang menjadikanmu  seorang pemenang. Apa  yang kau pancarkan dalam pikiran, perasaan, gambaran mental, dan kata-kata, itu yang akan tertarik dalam hidupmu. Bukankah Allah akan menuruti persangkaan hamba-Nya, maka berkhusnudzanlah kepada Allah.

Sobat. Dr Daniel Amen memiliki peraturan 18/40/60  yakni ; ketika berumur 18 tahun, kau mencemaskan pendapat semua orang tentang dirimu, Ketika berumur 40 tahun, kau tak peduli apa pendapat orang lain tentang dirimu, Ketika berumur 60 tahun, kau sadar tak  ada orang yang pernah memikirkanmu.

Sobat. Kejutan besar! Orang seringnya tak pernah memikirkan anda! Mereka  terlalu sibuk mencemaskan kehidupan mereka sendiri, dan jika toh memikirkan anda, mereka justru  memikirkan pendapat anda tentang mereka. Orang memikirkan diri sendiri, bukan anda. Pikirkanlah — Semua waktu yang anda sia-siakan  untuk mencemaskan pendapat orang lain tentang gagasan anda, tujuan anda, pakaian anda, rambut anda, rumah anda  seharusnya  bisa digunakan  dengan lebih bermanfaat  untuk  memikirkan  dan  melakukan hal-hal  yang akan mencapai tujuan Anda.

Salam Dahsyat dan Luar biasa !

( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si. Penulis buku Gizi Spiritual. Pengasuh 90 Hari Menulis Buku. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here