Yuk Kita pantaskan diri menjadi Umat yang Terbaik

 Yuk Kita pantaskan diri menjadi Umat yang Terbaik

 

Allah SWT  telah  berfirman dalam Al-Quran Surat Ali Imran ayat 110 : “ Kamu ( umat Islam ) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah…….

Sobat. Ayat di atas  mengandung  suatu  dorongan kepada kaum mu’minin agar tetap  memelihara sifat-sifat  utama itu agar mereka tetap mempunyai semangat yang tinggi.  Umat yang paling baik di dunia  adalah  umat yang  mempunyai dua sifat, yaitu mengajak kebaikan  serta mencegah kemungkaran, dan  senantiasa beriman  kepada Allah. Semua sifat itu  telah dimiliki oleh kaum muslimin  pada masa Nabi  dan telah  menjadi darah daging dalam diri mereka karena itu mereka menjadi kuat dan jaya. Dalam waktu yang singkat mereka telah dapat menjadikan  seluruh tanah arab tunduk dan patuh di bawah  naungan Islam, hidup aman dan tenteram di bawah panji-panji keadilan Islam, padahal mereka sebelumnya adalah umat yang berpecah belah selalu berada dalam  suasana  kacau dan saling berperang antara sesame mereka. Ini adalah berkat keteguhan Iman  dan kepatuhan mereka  menjalankan ajaran  agama dan  berkat  ketabahan  dan  keuletan  mereka  menegakkan amar ma’ruf dan mencegah kemungkaran.

Sobat. Jadi  ada  dua  syarat  untuk  menjadi umat  terbaik di dunia, sebagaimana  diterangkan dalam ayat ini, pertama , Iman  yang kuat dan Kedua, Menegakkan  amar ma’ruf  dan mencegah kemungkaran. Maka  setiap umat yang memiliki  kedua sifat ini pasti umat itu jaya  dan mulia dan apabila  kedua hal itu diabaikan dan tidak dipedulikan lagi, maka tidak dapat disesalkan bila umat ini jatuh ke lembah kehinaan dan kemelaratan.

Tafsir as-Sa’di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, pakar tafsir abad 14 H :

Mereka dianggap umat terbaik, karena mereka menyempurnakan diri mereka dengan iman yang menghendaki untuk melaksanakan segala perintah Allah, dan karena mereka menyempurnakan pula orang lain dengan menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah yang munkar, atau dengan kata lain mengajak manusia kepada Allah, berjihad dan mengerahkan kemampuan untuk mengembalikan mereka dari kesesatan dan kemaksiatan. Ayat ini merupakan dalil keutamaan umat Nabi Muhammad dibanding umat-umat yang lain.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“ Sesungguhnya kalian yang menyempurnakan menjadi tujuh puluh umat. Kalianlah umat yang terbaik dan paling mulia di sisi Allah.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahihul Jami’ no. 2301).

Dalam ayat ini terdapat seruan halus dari Allah kepada Ahli Kitab untuk mengajak mereka beriman (masuk Islam), namun sayang kebanyakan mereka menolak. Bahkan lebih dari itu, mereka pun memusuhi orang-orang yang beriman dengan berbagai bentuk permusuhan, tetapi semua itu tidaklah membahayakan kaum mukmin selain gangguan kecil saja.

Semoga  kita  terus  istiqomah  memantaskan diri menjadi Umat yang terbaik sebagaimana generasi para sahabat Nabi yang mulia.

( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si   Penulis Buku Gizi Spiritual )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here