5 Sikap Kritis Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa untuk 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia

5 Sikap Kritis Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa untuk 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia
FDMPB—Antusiasme Intelektual yang tergabung dalam Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa mampu menjadi daya tarik publik. Hal ini bisa dilihat dari FGD Online #4 yang dihadiri 457 orang secara virtual melalui zoom dan live streaming You Tube secara bersamaan pada Sabtu (15/8/2020).
Menimbang 75 tahun kemerdekaan RI: Antara Idealitas dan Realitas menjadi tajuk utama. Pada sesi terakhir acara dibacakan pernyataan sikap terkait 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Berikut lima sikap kritisnya:

Maka kami dari Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa bersama ini menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Bahwa berdasarkan telaah kritis yang kami lakukan terhadap berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini, maka kami berpendapat bahwa sesungguhnya negara Indonesia belum merdeka secara hakiki, tapi baru merdeka dari penjajahan fisik.

2. Bahwa agar Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat, maka Indonesia harus membangun kemandirian dan kedaulatan dalam mengelola berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara baik dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, hukum, sosial budaya, pendidikan, lingkungan dan lain sebagainya.
3. Menyeru seluruh intelektual muslim selaku tokoh panutan di tengah masyarakat untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat bahwa pangkal dari berbagai krisis multi dimensi, carut marut, dan kompleksitas persoalan yang menimpa negeri ini dalam berbagai dimensi kehidupan adalah karena diterapkannya sistem kapitalis liberal. Adapun proses penyadaran dilakukan melalui proses edukasi secara terus-menerus, sehingga terbangun kesadaran politik di tengah-tengah masyarakat.
4. Menyeru seluruh intelektual muslim dan tokoh umat yang mempunyai kesadaran kritis untuk terus-menerus membangun opini publik bahwa Islam adalah alternatif solusi yang terbaik untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara guna menuju negara Indonesia yang berdaulat.
5. Bahwa untuk mewujudkan negara yang Baldatun Thoyyibatun wa-Rabbun Ghofur, maka cara yang harus dilakukan adalah dengan terus-menerus berjuang memerdekakan diri, Bangsa dan Negara ini dari penghambaan kepada manusia, dunia, negara asing dan hawa nafsu dengan hanya tunduk dan menghamba kepada Allah SWT.
Demikian pernyataan kami Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa. Semoga Allah SWT memberi kekuatan dan kemudahan bagi bangsa ini untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang merdeka dan berdaulat secara hakiki.
Surabaya, 16 Agustus 2020
Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa
Sekretaris Ketua
Dr.N.Faqih Syarif M.Si Dr. Ahmad Sastra M.M.
Alhamdulillah acara yang sangat mencerahkan dan mencerdaskan. Para intelektual muslim diajak untuk berjuang dan memajukan Indonesia hanya dengan ideologi dan aturan Islam. Semoga kian memberikan pencerdasan publik bahwa Islam adalah solusi bagi Indonesia menjadi maju dan adidaya.[hn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here