Ada 202.460 Pelanggan PLN Dapat Bantuan Keringanan Listrik di Surabaya

Yuniar menunjukkan aplikasi Electrizen yang memberikan informasi keringanan tarif listrik kepada para pelanggannya. (Jawa Pos)

Bangga Indonesia, Surabaya – Pemerintah pusat melanjutkan program bantuan pembayaran pemakaian listrik tahun ini. Di Surabaya jumlah penerima bantuan tersebut cukup banyak. Selain masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), subsidi listrik juga diberikan untuk pelaku UMKM.

Berdasar data PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, tercatat ada 202.460 pelanggan yang mendapat bantuan keringanan pembayaran listrik di Kota Surabaya. Sebanyak 99.273 pelanggan merupakan pemilik daya 450 volt ampere (VA). Sedangkan sisanya memiliki daya 900 VA.

Manajer Komunikasi PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Fenny Nurhayati menjelaskan bahwa program sudah bergulir sejak awal tahun ini. ”Diskon 100 persen untuk daya 450 VA. Sedangkan 900 VA bersubsidi dapat potongan 50 persen,” katanya seperti dilansir jawapos.com, Senin (11/1/2021).

Fenny menambahkan bahwa bantuan juga diberikan kepada pelanggan prabayar daya 450 VA. Mereka akan diberi token gratis. ”Sementara sampai Maret 2021. Kami sudah melakukan pemberitahuan kepada masyarakat,” tambah dia.

Menurut Fenny, warga yang masuk kategori MBR berhak mendapatkan bantuan. Mereka diperbolehkan minta keringanan atau diskon biaya listrik. Ada mekanisme pengaduan yang bisa ditempuh warga.

Fenny menjelaskan bahwa masyarakat bisa melapor ke kelurahan setempat. Nanti petugas kelurahan akan meneruskan ke kecamatan, selanjutnya melapor ke posko pengaduan dan penanganan di pusat secara online. PLN bakal meneruskan arahan dari pemerintah pusat.

Sebab, kata Fenny, pemberian bantuan tidak ngawur. Itu didasarkan data dari TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan). Sebelumnya data-data tersebut telah diverifikasi petugas PLN. Sudah dinilai apakah layak atau tidak menerima bantuan.

”Jika masih bingung, masyarakat bisa berkomunikasi dengan petugas di unit layanan pelanggan (ULP),” tambah Fenny. Berdasar informasi, ada 114 ULP yang berada di wilayah Jawa Timur. Mereka siap untuk melayani masyarakat.

JUMLAH PENERIMA SUBSIDI LISTRIK TAHUN 2021 DI SURABAYA

– Pelanggan rumah tangga penerima stimulus daya 450 VA di Surabaya: 99.273 pelanggan

– Pelanggan rumah tangga penerima stimulus daya 900 VA di Surabaya: 85.956 pelanggan

– Penerima stimulus kategori bisnis daya 450 VA di Surabaya: 17.231 pelanggan

– Jumlah total penerima perpanjangan stimulus di Surabaya: 202.460 pelanggan

Sumber: PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here