Beranda BERITA Gubernur Jabar: Syekh Ali Jaber Inspirasi Lahirnya Program Hafidz

Gubernur Jabar: Syekh Ali Jaber Inspirasi Lahirnya Program Hafidz

Syaikh Ali Jaber. FOTO: Tribunnews
“Inspirasi beliau adalah program Satu Desa Satu Hafidz Quran”

Bangga Indonesia, Bandung – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan ulama Syekh Ali Jaber yang meninggal dunia pada Kamis, menjadi inspirasi Provinsi Jabar dalam melahirkan Program Satu Desa Satu Hafidz Qur’an.

“Insya allah akan kami teruskan di Jawa Barat, salah satunya inspirasi beliau adalah program Satu Desa Satu Hafidz Quran dan sekarang sudah lebih dari 2.000 desa di Jabar punya penghapal Al-Qur’an uran berdasarkan inspirasi beliau,” kata Ridwan Kamil atau Kang Emil saat menyampaikan duka atas wafatnya Syekh Ali Jabber, di RSHS Bandung, Kamis.

Kang Emil mendoakan agar Syekh Ali Jaber husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, terlebih sosok Syekh Ali Jaber guru sekaligus ulama yang sangat lembut hatinya, termasuk dalam menyampaikan dakwahnya.

“Beliau (Syekh Ali Jaber) adalah guru kita semua, ulama kita semua yang sangat lembut hati, dakwahnya juga. Saya mendoakan mudah-mudahan husnul khotimah dan mudah-mudahan semua yang ditinggalkan diberikan kesabaran,” ungkap Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

Kang Emil menuturkan dirinya mengenal dekat sosok Syekh Ali Jaber dan dirinya sempat bertemu langsung dengan ulama kelahiran Madinah, Arab Saudi tersebut.

“Saya terakhir bertemu di IG (Instagram) live membahas bagaimana akhlak almarhum menghadapi orang orang yang dzalim atau orang orang yang bertindak sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Kang Emil mengatakan  mendapatkan pelajaran berharga dari Syekh Ali Jaber, yakni bahwa akhlak lebih penting dibandingkan ilmu dan tanpa akhlak, sepintar apapun seseorang tidak akan berarti.

“Semoga beliau menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa akhlak lebih penting dibandingkan ilmu. Akhlak harus didahulukan dibandingkan ilmu, itu pelajaran yang saya ambil dari almarhum,” kata dia.

Ulama Syekh Ali Jaber meninggal dunia sebagaimana diinformasikan Yayasan Syekh Ali Jaber dalam akun Instagramnya, @yayasan.syekhalijaber.

“Telah wafat guru kita, Syekh Ali Jaber (Ali Saleh Mohammed Ali Jaber) di RS Yarsi Hari ini, 14 Januari 2021/1 Jumadil Akhir 1442 H Jam 08.30 WIB dalam keadaan negatif COVID-19”.

Demikian kabar duka yang disampaikan Ketua Yayasan Syekh Ali Jaber Habib Abdurrahman Alhabsyi, dalam akun Instagram tersebut, Kamis.(adn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here