Timnas Dayung Ikuti Babak Kualifikasi Olimpiade Tokyo di Thailand

0
2
Anggota timnas dayung sedang menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum berlaga di babak kualifikasi Olimpiade Tokyo di Pattaya, Thailand. (dokumentasi PB PODSI). FOTO:ANTARA

Bangga Indonesia, Jakarta¬† – Tim dayung kano dan kayak Indonesia sedang berada di Thailand untuk berlaga di babak kualifikasi Olimpiade Tokyo regional Asia bertajuk “2021 Asian Canoe Slalom and Sprint Qualifier for Olympic” pada 5-7 Mei di Pattaya.

Sebelum berkompetisi pada ajang khusus kano slalom dan sprint ini, timnas dayung yang terdiri dari masing-masing empat atlet putra dan putri, serta pelatih Mohammad Suryadi dan Dian Kurniawan, masih menjalani masa isolasi selama 14 hari hingga 30 April.

“Selama menjalani isolasi, tim melakukan latihan secara mandiri di kamar hotel masing-masing, termasuk simulasi ‘paddling’, latihan kebugaran hingga latihan beban ringan,” kata coach Suryadi melalui rilis PB PODSI yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ketentuan isolasi selama 14 hari merupakan ketentuan wajib bagi semua tim peserta, tak terkecuali tim tuan rumah. Ia memastikan seluruh anggota kontingen Indonesia dalam kondisi sehat.

“Tim kano dan kayak Indonesia berusaha optimal untuk bisa lolos kualifikasi di tengah kondisi pandemi ini, setidaknya pada satu nomor kano putri,” katanya menambahkan.

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Hari Sidharta direncanakan akan menyusul ke Thailand pekan depan sebagai Manajer Tim, didampingi dokter tim Henny Tantono dan masseur Eka Supriyani.

Atlet dayung kano dan kayak putri Indonesia yang ikut babak kualifikasi di Pattaya adalah, Riska Andriani, Nurmeni, Dayumin, Stevani Maysche Ibo, sedangkan atlet putra yaitu Anwar Tarra, Yuda Firmansyah, Maizir Ryondra, dan Adri Agus Mulyana.

Selain Indonesia, tim asing lain yang sudah tiba di Pattaya antara lain China 18 orang, Irak delapan orang, Kazakhstan 22 orang, dan Taiwan 13 orang. Kompetisi juga akan dihadiri tim dari Iran, Korea Selatan, Singapura, Uzbekistan, Jepang, dan lainnya.

Dalam hal ini, tim Jepang yang menjadi tuan rumah olimpiade juga harus melewati babak kualifikasi karena Federasi Dayung Kano Internasional (ICF) tidak memberlakukan “wild card” sebagaimana umumnya.

Nomor dayung kano dan kayak Olimpiade Tokyo akan memperebutkan 12 medali emas dari nomor sprint, dan empat emas dari nomor slalom.

Untuk kualifikasi dayung rowing akan dilangsungkan di Tokyo, Jepang, pada tanggal yang sama.(Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here