Calon Kepala Desa PILKADES Ds. Bumiayu Periode 2020-2026

BANGGAMEDIA | BOJONEGORO – Bukan menjadi rahasia lagi bahwa banyak kasus pergesekan antara dua organisasi silat yang berbeda, namun hal ini tidak terjadi di Desa Bumiayu. Namun ada yang menarik pada PILKADES di Desa Bumiayu, Kec. Baureno, Bojonegoro. Meskipun komposisi masyarakat pada usia muda didominasi oleh dua perguruan silat yang berbeda, yaitu PSHT dan Pagar Nusa. Namun suasana kondusif dan aman senantiasa terjaga hingga berakhirnya acara PILKADES.

Bripka M. Afthoni selaku BABINKAMTIBNAS Desa Bumiayu turut membenarkan kondisi tersebut, beliau menjelaskan “Perkembangan situasi pelaksanaan PILKADES Desa Bumi Ayu dengan calon dua orang sampai saat ini masih kondusif. Karena masing-masing pendukung dari kedua calon saling berbaur. Selain itu calon satu dan dua masih ada hubungan family. Jadi ikatannya masih kuat. Pemuda di Desa Bumi Ayu terdiri dari PN sama PSHT saling berbaur, tidak memandang perguruan silat A atau B, mereka saling berbaur”.

Bripka M. Afthoni selaku BABINKAMTIBNAS Desa Bumiayu bersama rekannya ketika melakukan pengawalan pengamanan PILKADES

Hal ini juga didorong oleh kedua calon yang masih memiliki hubungan saudara. Sehingga sentimen antar pendukung sangat minim, karena kuatnya ikatan yang terjalin. Pemilihan Kepada Desa Periode 2020-2026 ini diikuti oleh dua calon, yaitu Calon Kepala Desa No 01 Bapak Junaidi dan Nomor 02 Bapak Mas’ud. Ahmad Amirudin, S.Pd menjelaskan, “Calon yang terdaftar sebanyak 3 calon namun mengundurkan diri satu calon. Sesuai instruksi dari koordinator pembimbing panitia Pemilihan Kepada Desa tingkat Kecamatan, akhirnya kita melakukan apa-apa yang tertulis dalam surat suara sebagaimana arahan dari pihak kecamatan sesuai dengan Perda dan Perbub”.

Suasana TPS PILKADES Ds. Bumiayu

Pilkades adalah suatu pemilihan yang dilaksanakan secara langsung di desa oleh warga desa setempat untuk memilih Kepala Desa. Lebih lanjut, Pilkades adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih Kepala Desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Ahmad Amirudin, S.Pd selaku Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa menghimbau kepada panitia untuk melakukan tugas dan fungsinya sesuai amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku. Beliau juga berpesan agar masyarakat tetap menjaga desa agar tetap kondusif, karena kerukunan desa adalah modal utama untuk menuju pembangunan desa dan kesejahteraan. PILKADES Periode 2020-2026 ini dimenangkan oleh Calon Nomor Urut 01, yaitu Bapak Junaidi. Jumlah Daftar Pemilih Tetap adalah 1593 jiwa. Jumlah suara untuk pemenang 01 pak junaidi 910 untuk pak masud 512 yg tidak sah 22 dengan jumlah surat suara masuk 1.444.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here