Kelas Menulis online 90 Hari Menulis Buku
- Advertisement

Cara menulis yang efektif

Menulis adalah salah satu ketrampilan yang penting bagi setiap pekerja terdidik. Mereka harus menulis dokumen yang menjadi sumber informasi, untuk mengarahkan dan mengajak orang lain di dalam dan di luar institusi mereka.

Sobat. sebelum Anda mulai menulis, buatlah kerangka tulisan yang memiliki alur yang logis. Mulailah dari brainstroming, kemudian kelompokkan berdasarkan kategori yang sesuai, lalu susunlah dengan alur yang logis.
Gunakan pendahuluan untuk menunjukkan konteks, menegaskan tema tulisan itu termasuk bagaimana tulisan itu disusun.

Buatlah executive summary kalau Anda menulis dokumen yang panjang dan padat. Dalam executive summary ini harus ada gambaran umum topik yang Anda angkat sehingga pembaca bisa memahami poin-poin pentingnya dengan cepat dan mudah.

Mulailah tiap paragraf dengan kalimat utama yang berisi ide pokok paragraf tersebut, karena ini akan memudahkan pembaca tulisan anda untuk membaca kalimat awalnya secara sepintas.

Kesimpulan yang anda buat jangan hanya berupa rangkuman ide-ide pokok tulisan Anda, tapi tambahkan pula pendalaman lain, seperti implikasi yang lebih luas dan saran untuk pelaksanaan tindak lanjutnya.

Gunakan bahasa yang efektif, yaitu dengan menggunakan kalimat yang ringkas, keterkaitan yang jelas antar klausa dan penggunaan kata ganti yang tepat.
Baca kembali tulisan Anda untuk memeriksa ada tidaknya kesalahan tata bahasa dan ejaan. Lakukan pemeriksaan ini setidaknya dua kali, karena satu kesalahan saja sudah cukup banyak.

Harap maklum kalau naskah awal tulisan anda tidak sempurna. Jangan menulis sambil merevisi bersamaan, karena Anda bisa kebingungan tiap menulis satu kalimat.
Anda bisa menuliskan kata sebanyak mungkin untuk mencakup semua hal yang ingin Anda bahas, tapi jangan memperpanjang tulisan anda hanya karena mementingkan panjangnya teks tersebut.

Jangan menulis keseluruhan teks tersebut dalam sekali kerja; menulislah dengan pola teratur, 1 bagian ( bisa sub bab atau 1 halaman ) per hari dalam waktu 1-2 jam di tempat yang paling nyaman bagi Anda.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H, M.Si. Penulis Buku Gizi Spiritual. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )
#90HariMenulisBuku
#InspirasiIndonesiaMenulis
#StayAtHome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here